Kereta Api Indonesia (pegipegi.com)

Kitogalo.com, Palembang – PT KAI Palembang menurunkan harga tiket kereta api ekonomi untuk jarak sedang dan jauh di Divisi Regional (Divre) III Palembang, Sumatera Selatan. Untuk wilayah Divre III Palembang, kereta api kelas ekonomi bersubsidi, yaitu kereta api Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau akan berlaku tarif parsial, yakni KA Serelo Relasi Kertapati-Prabumulih-Muara Enim-Lahat yang semula tarifnya Rp 32 ribu menjadi Rp 29 ribu.

Selain itu, KA Serelo Relasi Lubuk Linggau-Tebing Tinggi-Lahat-Muara Enim-Prabumulih yang semula tarifnya Rp 32 ribu menjadi Rp 29 ribu, dan KA Rajabasa Relasi Kertapati-Prabumulih-Peninjauan-Baturaja-Martapura-Waytuba-Blambangan Umpu-Tulung Buyut-Negri Agung-Ketapang-Kotabumi yang semula tarifnya Rp 32 ribu menjadi Rp 29 ribu. Tarif ini sudah berlaku mulai tanggal 1 Juli 2018.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryati mengatakan harga tiket kereta api mengalami penurunan sesuai dengan pemberlakuan tarif parsial yang ditetapkan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 2018 tentang perubahan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 113 Tahun 2017 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO). Maka dari itu, tarif parsial ini akan berlaku di beberapa kota yang ada di Indonesia, termasuk Palembang.

Aida menerangkan bahwa pemberlakuan tarif parsial ini merupakan bentuk penyesuaian terhadap jarak tempuh kereta api agar masyarakat lebih senang menggunakan transportasi umum, salah satunya kereta api tanpa harus mepermasalahkan tarifnya. Untuk fasilitas yang ada pada kereta ekonomi akan tetap sama, tanpa dikurangi.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here