Asian Para Games 2018 (liputan6.com)

Kitogalo.com, Palembang – Setelah Indonesia menduduki peringkat ke-4 dengan perolehan 98 medali yang dibagi menjadi 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu. Kini, tiba giliran untuk para atlet Asian Para Games 2018 bersiap untuk berlaga di lapangan.

Pagelaran Asian Para Games akan dilangsungkan di Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, pada 6 -13 Oktober 2018 mendatang. Multievent difable ini akan diikuti oleh 43 negara NPC, Melibatkan 3.000 atlet dan sekitar 1.800 ofisial akan terlibat dalam Asian Para Games 2018 yang merupakan jumlah tertinggi yang pernah ada dalam sejarah.

CEO Asian Paralympic Committee (APC), Tarek Souei, menjelaskan bahwa Asian Para Games 2018 akan menjadi event penting untuk semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan olahraga penyandang disabilitas ini.

“Kami akan memastikan komunikasi dan koordinasi di antara kedua institusi tidak akan berhenti untuk memastikan pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar kedua di dunia ini akan berjalan dengan standar tertinggi.” ujar Tarek yang dilansir dari Liputan6.com.

Selain itu, event ini merupakan event perdana yang digelar untuk menyambut berbagai perhelatan lainnya yang akan dilaksanakan beberapa tahun mendatang “Asian Para Games 2018 akan menjadi event pertama untuk kualifikasi menuju Tokyo 2020. Selain itu, sejumlah panitia penyelenggara event lain, seperti Tokyo 2020 dan Hangzhou 2022, akan mengirim delegasi untuk mengamati dan belajar dari Inapgoc” kata dia.

Panitia Pelaksana Indonesia Asian Para Games 2018 (Inapgoc) menyebutkan terdapat 18 cabang olahraga spesifik yang akan dipertandingkan. 18 cabang olahraga tersebut yakni panahan, para atletik, badminton, boccia, catur, sepeda, goal ball, judo, lawn ball, angkat besi, renang, menembak, tempin bowling, tenis meja, sitting voley ball, basket kursi roda, wheelchair fencing, dan tenis kursi roda.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di sejumlah lokasi sebagai berikut :
1. Panahan di lapangan panahan Gelora Bung Karno
2. Atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno
3. Badminton di Istora Gelora Bung Karno
4. Boccia di Gedung Olahraga Tanjung Priuk
5. Catur di Gedung Olahraga Cempaka Putih
6. Balap sepeda dari Sirkuit Sentul sampai International Velodrome
7. Goal Ball di Balai Kartini
8. Judo di Ballroom JIExpo
9. Lawn ball di lapangan Hockey Gelora Bung Karno
10. Angkat besi di Balai Sudirman
11. Renang di Stadion Aquatic Gelora Bung Karno
12. Menembak di Lapangan Tembak Gelora Bung Karno
13. Tempin bowling di Ancol
14. Tenis Meja di Ecopark Ancol
15. Sitting Volley Ball di Tennis Indoor Gelora Bung Karno
16. Basket kursi roda di Hall Basket Gelora Bung Karno
17. Wheelchair Fencing di Gedung Olah Raga POPKI Cibubur
18. Tenis kursi roda di Kelapa Gading Club

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here