Kitogalo.com, Palembang – Tari Gemu Famire digelar Mabes TNI dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Di Palembang, tari ini dimeriahkan sebanyak 23.039 peserta di Wilayah Kodam II Sriwijaya pada Selasa, 4 September 2018. Aksi TNI ini masuk dalam pemecahan rekor Muri Tari Gemu Famire dengan jumlah peserta terbanyak.

“Hari ini Kodam II Sriwijaya dan jajarannya telah melakukan Tari Gemu Famire untuk pecahkan rekor Muri. Dari data yang diterima, total ada 23.039 orang dilibatkan di wilayah Kodam II Sriwijaya,” kata Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan saat diwawancarai usai pelaksanaan Tari Gemu Famire di lapangan Jasdam II, Palembang.

Peserta terdiri dari wilayah Korem 041/Gamas dengan jumlah personel yang terlibat sebanyak 3.210 orang, Korem 042/Gapu 3.553 orang, Korem 043/Gatam 3.719 orang, Korem 044/Gapo 8.671 orang dan Korem 045/Gaya 3.136 orang.

Mereka yang menjadi peserta terutama dari TNI yaitu dari tiga matra beserta PNS TNI. Mulai dari Ibu-ibu Prajurit TNI (Persit, Jala Senatri dan Pia Arya Garini), ditambah dari jajaran Brimob dan personel Polda Sumsel, Pemda, Basarnas, Ormas, Mahasiswa dan Pelajar serta unsur terkait lainnya.

Tak hanya di Palembang, tari ini juga dilaksankan di wilayah se-Sumbagsel. “Tari Gemu Famire juga dilaksanakan secara serentak di wilayah masing-masing di 5 Provinsi di wilayah Sumbagsel, antara lain Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka-Belitung (Babel),” kata dia.

Tari Gemu Famire dikenal juga Tari Maumere asal Nusa Tenggara Timur yang kini sangat populer bahkan telah dikenal sejumlah negara. Tari Gemu Famire berhasil memecahkan rekor Muri dengan peserta terbanyak dari seluruh Indonesia berjumlah 305.000 peserta.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here