Buket buah dan sayur (izinios.net)

Kitogalo.com – Mengupas kulit buah sebelum mengkonsumsinya tentu sering dilakukan oleh orang-orang. Hal ini dilakukan tentu untuk bisa menikmati daging buah dengan mudah.

Namun ternyata, tak semua kulit buah harus dikupas dan malah di kulitnya terdapat beberapa kadar gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa saja kira-kira ya buah dan sayur yang kulitnya bagus untuk dimakan? Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Apel
Dalam kulit apel terdapat kandungan senyawa pektin yang ampuh basmi kolesterol dan gula darah, pun bikin kamu kenyang lebih lama.

Kulit apel juga punya kandungan vitamin K empat kali lebih banyak untuk proses pembekuan darah, mengaktifkan protein untuk pertumbuhan sel dan pemeliharaan tulang.

Belum lagi kandungan antioksidan quercetin seperti yang juga dimiliki bawang merah yang baik untuk paru-paru, mencegah pikun dan melawan kerusakan jaringan otak.

2. Anggur
Kulit anggur merah mengandung banyak serat dan resveratrol yang merupakan salah satu sumber antioksidan. Resveratrol ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak, memperlambat sel kanker, juga bikin wajah lebih awet muda.

Ilustrasi Apel dan Anggur (Vemale.com)

3. Terung
Kulit terung yang berwarna ungu mengandung 300 mg senyawa nasunin, sejenis antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel otak, juga melindunginya dari perkembangan sel kanker.

Kulit terung juga mengandung potasium, magnesium dan serat serta asam klorogenik yang meningkatkan toleransi glukosa. Ingat ya, jangan dikupas kulitnya.

4. Kiwi
Mungkin agak aneh membayangkan kulit kiwi yang berbulu itu harus dimakan. Tapi menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C dan E, serotonin dan potasium dalam buah kiwi bisa diperoleh dengan lebih maksimal kalau buah ini dimakan bersama kulitnya.

Selain itu, kulit kiwi ini bisa jadi penawar saat kamu keracunan makanan lo! Anti penuaan pula. Kurang apa coba?

5. Timun
Hampir semua serat pada mentimun terkandung di kulitnya, sementara, dagingnya lebih banyak mengandung air. Warna hijau dari kulit mentimun mengandung antioksidan, serat, potasium, fosfor, kalsium dan vitamin K yang berguna untuk menurunkan berat badan, menambah kesehatan mata dan tulang.

Ilustrasi Timun (hallosehat.com)

Nah, sudah tau kan khasiat-khasiat kulit buah dan sayur, yakin masih mau dikupas?

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here