Perahu hias melintas di Sungai Musi (kotapalembang.com)

Kitogalo.com, Palembang – Parade perahu hias kembali diadakan di Kota Palembang. Namun kini parade ini diselenggarakan berbeda dari biasanya yang hanya satu hari. Namun, parade perahu hias kini digelar dari tanggal 19 Agustus sampai 30 Agustus 2018 yang dapat disaksikan oleh masyarakat umum di Sungai Musi mulai pukul 08.00 sampai sore.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, biasanya lomba parade perahu hias ini hanya digelar satu hari, tapi kali ini parade perahu hias ini digelar lebih lama. Hal ini diperpanjang guna memeriahkan Asian Games.

Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Palembang juga memberikan kesempatan luas kepada masyarakat yang ingin mengikuti perlombaan ini. Ia menuturukan bahwa salah satu aspek yang dinilai yakni lamanya parade perahu hias dilaksanakan.

“Penilainnya nanti termasuk lamanya parade perahu hias yang dilaksanakan. Silakan datang ke Benteng Kuto Besak untuk menyaksikan parade perahu hias ini,” ujarnya.
Selain bisa menyaksikan lomba perahu hias, masyarakat yang datang ke BKB juga bisa mencoba permainan tradisional.

“Silakan juga untuk mencoba permainan tradisioanal yang ada di sekitaran BKB, seperti di Monpera, bawah Jembatan Ampera, dan beberapa spot lain di sekitaran BKB,” ujarnya.

Disediakan oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang (Humas Pemkot Palembang), permainan tradisional yang bisa dicoba diantaranya adalah engrang, bakiak panjang, balap karung, lompat karet, giring ban, congklak, bentengan, bola bekel dan hulahoop.

Isnaini mengatakan, selain untuk masyarakat pihaknya juga membuka kesempatan kepada para atlet Asian Games untuk menjajal permainan tradisional ini. “Silakan saja jika ada atlet yang ingin mencoba permainan tradisional ini,” tambahnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here