Maskot Asian Para Games 2018 (Tribunnews.com)

Kitogalo.com, Palembang – Asian Games 2018 sudah usai, bukan berarti Indonesia akan luput dari event bertaraf internasional lainnya dalam waktu dekat. Asian Para Games, kompetisi olahraga atlet difabel tingkat Asia akan digelar di Jakarta, Indonesia pada 6 hingga 13 Oktober 2018 mendatang.

Sama seperti Asian Games 2018, Asian Para Games juga menghadirkan maskot yang mewakili spesies satwa khas Indonesia. Jika Asian Games 2018 mengadaptasi 3 fauna Indonesia, rusa bawean (Atung), burung cenderawasih (Bhin-bhin) dan badak bercula satu (Kaka), kini pada event Asian Para Games, Momo diperkenalkan sebagai maskot event ini. Momo merupakan representasi dari elang bondol, fauna yang menjadi maskot DKI Jakarta.

Adapun arti dari Nama Momo merupakan singkatan dari dua kata yaitu motivasi dan mobilitas. Nama tersebut bermakna bahwa seseorang harus terus mampu melangkah ke depan dan beradaptasi terhadap perubahan di dunia, sesuai dengan semangat yang diusung dalam slogan Asian Para Games : The Inspiring Spirit and Energy of Asia.

Elang bondol sendiri mudah ditemukan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Burung dengan nama latin haliastur indus tersebut memiliki bulu putih yang menutupi kepala hingga ke dada, serta bulu cokelat yang menyelimuti badannya. Elang bondol tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun juga India. Dalam kepercayaan Hindu, elang bondol digambarkan sebagai burung suci milik Dewa Wisnu.

Dua hal utama yang dijadikan dasar Elang bondol dipertimbangkan sebagai maskot, yaitu karena sosok burung elang mampu mewakili nilai keberanian dan kekuatan, serta karena elang bondol juga merupakan maskot dari DKI Jakarta, tuan rumah tempat diselenggarakannya Asian Para Games 2018. Untuk menyeimbangkan sosok Momo sebagai representasi tuan rumah, penampilan Momo juga dilengkapi dengan sabuk betawi dan kaki prostetik.

Asian Para Games yang diselenggarakan hanya dua bulan pasca Asian Games tersebut akan memperlombakan 18 cabang olahraga. Berbeda dengan Asian Games yang dilaksanakan di Palembang dan Jakarta, Asian Para Games yang diikuti oleh 43 negara ini hanya akan berlangsung di Jakarta pada Bulan Oktober mendatang.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here