Tampak Depan Salah Satu Stasiun LRT (Kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Pengoperasian stasiun Light Rail Transit (LRT) kini bertambah dua lagi, yakni Stasiun Punti Kayu dan RSUD di Jalan Kolonel H Burlian, Palembang. Pembukaan stasiun ini disambut antusias oleh para penumpang yang merupakan warga Palembang.

Masyarakat yang menggunakan transportasi kekinian tersebut memang terbilang cukup tinggi. Berada persis di tengah kota, membuat stasiun LRT ramai pengunjung. Setiap kali keberangkatan ataupun kedatangan sudah puluhan penumpang naik turun di Stasiun Punti Kayu dan Dishub.

Kebanyakan masyarakat yang turun di Stasiun LRT Dishub merupakan penumpang dari Stasiun Bandara. Sebaliknya penumpang yang naik dari stasiun tersebut belum begitu tinggi dibandingkan kedatangan. Sama seperti stasiun LRT lainnya, stasiun tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti tangga eskalator, ramp (jalur naik-turun penumpang), kursi tunggu dan kelengkapan lainnya.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengaku antusias penumpang menggunakan dua stasiun baru cukup tinggi. Terbukti dalam satu hari bisa puluhan penumpang yang naik turun LRT pertama kali di Indonesia itu. “Antusias warga cukup bagus sama seperti stasiun lainnya. Untuk saat ini puluhan orang sudah naik turun, tapi data lengkap belum bisa kita rinci karena memang baru beroperasi,” ujar Aida, Rabu, 26 September 2018.

Mulai Kamis, 27 September 2018, total 11 stasiun LRT resmi beroperasi. Hal tersebut dipastikan setelah Stasiun Polresta Jakabaring juga telah dioperasikan dan dapat digunakan penumpang naik-turun.

Dengan mulai beroperasi nya stasiun Polresta maka dari 13 stasiun sudah 11 stasiun yang bisa dipergunakan untuk naik turun penumpang adapun ke stasiun yang sudah dapat dioperasikan yakni DJKA, Jakabaring, Polresta, Ampera, Cinde, Dishub,Bumi Sriwijaya, RSUD, Punti Kayu, Asrama Haji dan Bandara. Sedangkan untuk dua stasiun lainnya, Demang dan Korem Garuda Dempo akan segera buka dalam jangka waktu yang tak lama lagi.

“Menyusul RSUD dan Punti Kayu, jadi total sudah ada 11 stasiun yang dapat digunakan penumpang. Dua stasiun lagi dalam waktu dekat juga akan beroperasi,” kata dia.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here