Snack ikan PKK Sumsel raih juara 3 nasional (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Kitogalo.com, Palembang – TP PKK Sumsel berhasil meraih juara ketiga pada lomba masak berbahan dasar ikan kategori kudapan pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-5 yang berlangsung di Jakarta Convention Center.

Menu kudapan klapie ikan bandeng hasil racikan PKK kabupaten Oku berhasil menarik minat para juri, yaitu chef Juna, kungfu chef Muto, dan Siska Suwitomo.

Penghargaan dan hadiah diserahkan langsung oleh Sekjen Kementrian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo, didampingi Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, mengaku bangga atas prestasi dan pencapaian PKK Sumsel, pada lomba masak berbahan dasar ikan di tingkat nasional ini.

“Saya bangga dan senang atas pencapaian ini. Mudah- mudahan prestasi ini dapat memacu dan memicu PKK kabupaten/kota, untuk dapat berkreativitas dalam mengolah masakan dan makanan berbahan dasar ikan,” ujarnya, Sabtu (8/12/2018)

Febrita Lustia juga berharap, PKK Sumsel dapat lebih meningkatkan prestasi dan pencapaiannya. Banyak inovasi dan kreativitas yang bisa dilakukan dalam mengolah ikan menjadi aneka makanan.

Tidak hanya sekedar ikan goreng, pindang ikan, atau pempek, bahkan bisa saja ada inovasi kue brownies ikan. Apalagi masyarakat Sumsel adalah masyarakat pengkonsumsi ikan.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kementrian Kelautan dan Perikanan Rifky Hardijanto mengatakan, konsumsi ikan nasional pada tahun 2018 meningkat dibandingkan pada tahun 2016-2017.

“Konsumsi ikan nasional pada tahun 2017 sebesar 47 kg per kapita per tahun. Di tahun 2018 ditargetkan menjadi 50 kg per kapita per tahun”,katanya.

Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya berfoto bersama tim PKK Sumsel yang meraih juara 3 lomba masak di Hari Nasional Ikan di Jakarta (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Berdasarkan data Kementrian Kelautan dan Perikanan, pada tahun 2024 konsumsi ikan nasional sebanyak 70 kg per kapita per tahun. Konsumsi ikan merupakan hal yang paling pas dan rasional sebagai asupan gizi dan harganya terjangkau. Serta dapat dikonsumsi dari berbagai tingkat usia, baik juga dikonsumsi bagi ibu hamil.

Konsumsi ikan bisa mencegah penyakit kanker, seperti konsumsi ikan patin dapat mencegah penyakit jantung, serta mencegah stunting atau berhentinya pertumbuhan tubuh.

“Gerakan PKK adalah mitra pemerintah sebagai garda terdepan untuk menyukseskan dan mendukung program pemerintah. Yaitu menyampaikan tentang pentingnya konsumsi ikan dan kandungan gizi yang terdapat pada ikan”,kata Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.