Ilustrasi Buang Sampah

Kitogalo.com, Palembang – Supaya Palembang bebas sampah, aturan Perda Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis bakal direvisi oleh Walikota Palembang Harnojoyo. Di aturan ini, masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar Rp 50 juta dan kurungan 6 bulan penjara.

Aturan tersebut dianggap berlebihan dan akan disesuaikan. “Akan kita revisi dendanya hanya Rp 250 Ribu pidana tiga hari kurungan penjara, ” kata Harnojoyo, Minggu 23 September 2018.

Menurut dia, aturan yang akan direvisi ini sanksinya lebih ringan dari aturan sebelumnya.  Namun, pihaknya akan benar-benar menerapkan aturan tersebut. “Kita lebih ringankan dari aturan sebelumnya, karena selama ini aturan yang lama terlalu muluk muluk, ” ujarnya.

Menurut Harnojoyo di setiap kelurahan sudah disiapkan masing-masing Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara sehingga warga diminta untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan. “Buang sampah jangan di jalan, tarok-lah di tempatnya supaya Palembang ini bisa bersih, “katanya.

Wali kota yang kembali terpilih ini memastikan akan terus mengubah perilaku masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan dengan kegiatan gotong royong. Salah satu caranya dengan melanjutkan program gotong-royong setiap akhir pekan.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here