CPNS lulusan SMA (tribunnews.com)

Kitogalo.com, Palembang – Portal sscn.bkn.go.id sudah dapat diakses pada 19 September 2018 lalu. Pendaftarannya belum dibuka, namun sesuai pengumuman resmi Badan Kepegawaian Negara atau BKN, dalam website tersebut calon pelamar dapat melihat formasi dan persyaratan dari setiap instansi Pusat maupun Daerah.

Sedangkan terkait pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018, akan dimulai paling cepat tanggal 26 September 2018.

Perlu diingat, sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 hanya dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via https://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Dalam seleksi CPNS 2018, terdapat 238.015 formasi yang ditawarkan kepada masyarakat. Rinciannya terdiri dari 51.271 formasi untuk instansi pusat, yang ditempatkan di 76 kementerian/lembaga (K/L). Sedangkan sisanya, 186.744 formasi untuk instansi daerah yang ditempatkan di 525 pemerintah daerah baik tingkat daerah, provinsi kabupaten/kota.
Walaupun sebagian besar formasi CPNS 2018 didominasi untuk lulusan pendidikan setingkat diploma/S1. Namun, terdapat formasi untuk lulusan SMA/Sederajat yang menjadi salah satu pilihan yang dicari dalam seleksi CPNS 2018.

Mengutip dari Kompas.com, hingga kamis (20/9/2018), terdapat 4 kementerian yang membuka lowongan untuk lulusan SMA.
1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Terdapat sebanyak 2.000 formasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dari jumlah tersebut, formasi terbesar yakni untuk luluan SMA/Sederajat sebanyak 878 orang. Dengan rincian terdiri dari 211 wanita, 633 pria, sebanyak 34 orang untuk putra/putri Papua.

2. Kejaksaan Agung
Kejaksaan Agung membuka lowongan CPNS 2018 sebanyak 896 formasi untuk berbagai lulusan. Sementara untuk lulusan SMA/Sederajat, Kejaksaan Agung membuka 309 formasi. Formasi tersebut ditujukan untuk menempati jabatan sebagai pengawal tahanan/narapidana.

3. Badan SAR Nasional
Badan SAR Nasional (Basarnas) pada seleksi CPNS 2018. membuka sebanyak 176 formasi.
Dari jumlah tersebut, 25 formasi dibuka khusus untuk pelamar lulusan SMA maupun SMK Pelayaran Teknika. Untuk lulusan SMA, ada beberapa kriteria khusus. Kriteria khusus tersebut nantinya akan ditempatkan sebagai anak buah kapal (ABK). Dengan berbagai posisi jabatan yang terdiri dari Juru Mudi (ANT-D), Juru Minyak (ANT-D), Kelasi (ANT-D), Masinis Kapal (ATT-III), Mualim Kapal (ANT-IV). Sedangkan untuk persyaratan tambahan, harus melampirkan fotokopi sertifikat keahlian yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan tersebut. Sementara untuk lulusan SMK Pelayaran Teknika yakni sebagai Markonis.

4. Kementerian Sosial
Pada Kementerian Sosial (Kemensos) terdapat sebanyak 210 formasi untuk seleksi CPNS 2018 ini. Dari jumlah tersebut, 20 formasi untuk jabatan pekerja sosial pemula ditunjukkan bagi lulusan SMK Pekerjaan Sosial/ Keperawatan Sosial.

Jika sudah memilih instansi yang akan dilamar, dipastikan dokumen sebagai persyaratan pendaftaran juga harus sudah dipersiapkan. Berikut dokumen yang harus dipersiapkan calon pelamar:
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas Foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here