Pelajar SMP. Sumber foto: garudanews.id

Kitogalo.com, Palembang – Ratusan pelajar berduyun-duyun memasuki kawasan Jakabaring Sport City (JSC) pada Selasa sore, 28 Agustus 2018. Masih menggunakan seragam sekolah, para siswa yang berasal dari kabupaten/kota luar Palembang ini menyerbu Stadion Gelora Sriwijaya untuk menyaksikan pertandingan Sepak Bola Wanita, salah satu cabang olahraga yang dipertandingan di Asian Games 2018 di Palembang.

Kehadiran ratusan pelajar ini merupakan realisasi dari kebijakan pemerintah provinsi yang memberi tiket gratis bagi pelajar untuk menyaksikan pertandingan di beberapa venue tertentu. Dengan demikian, semarak Asian Games 2018 makin terasa di JSC.

Salah satu rombongan pelajar datang dari sebuah kabupaten di Sumsel yaitu SMA N 1 Kayu Agung, Ogan Komering Ilir. Rombongan tersebut berjumlah 125 orang yang terdiri dari pelajar dan guru.

“Kami diutus dari sekolah dan tiketnya gratis, sampai disini sejak jam 8 pagi dan menunggu untuk masuk ke venue pertandingan,” kata Tiara, salah satu siswi yang datang dari kabupaten OKI.

Seorang petugas keamanan bernama Setyo mengungkapkan bahwa proses untuk masuk ke venue pertandingan hanya bermodalkan surat yang ditandatangani oleh kepala sekolah. “Cuma surat saja dari sekolah, ini ditandatangani sama kepala sekolah. Surat itu ditukar ke loket untuk dapat tiket gratis,” kata dia.

Selain SMA N 1 Kayu Agung, ratusan pelajar yang datang juga berasal dari berbagai daerah di Sumatera Selatan seperti Kota Prabumulih dan beberapa sekolah di Palembang. Para pelajar datang dengan tujuan yang sama, yakni meramaikan event Asian Games.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mamastikan Pemprov akan memberikan ribuan tiket gratis. Tiket ini diberikan agar pelajar menjadi suporter di Asian Games.

Dengan adanya tiket ini, venue pertandingan tidak akan sepi karena para pelajar bisa diarahkan menuju venue yang masih lengang. “Pelajar gratis, ada ribuan tiket nanti kita berikan. Bukan diskon lagi, tapi gratis ya. Mereka kita mobilisasi untuk nonton di venue-venue yang sepi penonton,” kata Alex.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here