Ilustrasi CPNS (Beritahati.com)

Kitogalo.com, Palembang – Menanggapi berita hoax jadwal seleksi CPNS 2018 yang simpang siur, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada. Ia juga mengumumkan akses yang bisa digunakan untuk memantau informasi. “Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id,” ujarnya.

Selain website, ada beberapa tambahan akun media sosial yang bisa diakses. Berdasarkan pantauan Tribun-timur.com, berikut daftar kelima akun resmi Kemenpan RB:
1. Website: www.menpan.go.id
2. Facebook: Kemenpan RB
3. Twitter: Kemenpan RB
4. Instagram: Kemenpan RB

Seleksi yang melibatkan penerimaan dari kabupaten/kota ini juga memfokuskan jabatan-jabatan teknis dan spesialis pada formasi CPNS 2018 ini. Hal itu dilakukan demi mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Sedangkan fokus untuk CPNS yang diterima KEMPANRB memprioritaskan tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan dengan sistem seleksi menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) atau ujian dengan komputer.

Adapun Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk tenaga profesional antara lain:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:
1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah/STTB
4. Fotokopi ijazah SD
5. Fotokopi ijazah SLTP
6. Fotokopi ijazah SLTA.

Dan tak kalah pentingnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga sudah harus terdaftar di Disdukcapil.

Nah, bagi kalian yang berniat untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS, pantau terus akun-akun resmi diatas ya! Jangan sampai ketinggalan!.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here