Sumber: Sripoku.com

Kitogalo.com, Palembang – Hanya butuh waktu kurang lebih dari 3 bulan bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-PR) untuk melakukan restorasi fisik Sungai Sekanak. Kepala Dinas PU-RP menyatakan bahwa tahap restorasi fisik sudah berjalan satu minggu.

“Untuk peralatannya sudah masuk semua dan sekarang sedang persiapan pekerjaan,” kata Bastari, dikutip dari sripoku.com.

Bastari juga mengatakan bahwa ia sangat berharap restorasi fisik dapat selesai sebelum Asian Games 2018 mendatang meskipun belum sepenuhnya selesai. “Kita berharap secara fisik dapat selesai saat Asian Games 2018 walaupun nanti bakal belum selesai 100%,” jelasnya

Adapun lokasi yang akan direstorasi dimulai dari Sungai Sekanak hingga Sungai Lambirado yang berada di Kecamatan Gandus. Menurut kepala Dinas, sepanjang aliran sungai itu akan digali sedalam 2 meter guna mengaliri air dari anak-anak sungai yang bersumber dari Sungai Musi saat dalam keadaan pasang surut.

Selain itu, ia menjamin sungai sekanak ini tidak akan kotor lagi karena akan dipasang instalasi pembuangan air limbah (IPAL). Dengan adanya instalasi tersebut diharapkan anak-anak sungai ini akan menjadi wisata sungai di Kota Palembang.

Untuk menunjang hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu dirombak, salah satunya merubah bentuk sejumlah jembatan yang dilalui sungai dari datar menjadi bentuk melengkung. Hal ini bertujuan untuk memberi akses perahu-perahu yang akan digunakan untuk berwisata sepanjang sungai. Adapun tujuh jembatan yang akan dirombak, yakni jembatan di Jalan Merdeka, Jalan Rivai, Jalan Radial, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Lunjuk, dan Jalan Puncak Sekuning.

Bastari juga menambahkan, Dinas PU-RP akan fokus pada restorasi sungai Sekanak ke jalan Merdeka yang akan selesai sebelum Asian Games mendatang agar bisa dilalui oleh perahu. Sedangkan untuk restorasi di daerah aliran Sungai Lambidaro akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here