Potret dua penari dari Duagha (Humas Sanggar Duagha)

Kitogalo.com, Palembang – Tarian khas provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hanya identik dengan Tarian Gending Sriwijaya saja. Ada banyak jenis tarian daerah yang dilestarikan sampai sekarang, salah satunya Tari Sambut Serasan Seandanan.

Tari Sambut Serasan Seandanan yang berasal dari Kabupaten Ogan Komering Olu (OKU) Selatan ini kerap kali ditampilkan untuk menyambut tamu yang datang ke Bumi Serasan Seandanan Tari ini sudah disahkan sebagai tari tradisional bagi kabupaten pemilik Danau Ranau.

Salah satu yang melestarikan tarian daerah ini adalah Sanggar Duagha. Dalam menampilkan tarian ini, ada sembilan orang penari dengan busana khas daerah.

Ke tujuh penari andalan Sanggar Duagha yaitu Sustiana, Endang, Rintan, Fela,Sella, Tiwi dan Sherly. Sedangkan dua penari pelengkap lainnya yaitu Yola bertugas sebagai pemegang payung dan pemegang tombak yaitu Syarif dan Deo.

“Ini merupakan suatu kebanggan untuk kita, bisa melesatarikan budaya tradisional di Ranau. Tari yang kita tampilkan disini cuma satu yakni Tari Sambut Serasan Seandanan di Sumsel,” Kata Budi Febrianto, Founder Sanggar Duagha kepada Kitogalo.com, Rabu (25/10/2018).

BACA JUGA:
Mata Najwa Jadi Inspirasi Pemuda Millenial Pilih Calon Presiden 2019
Jangan Sampai Kelamaan Hapus Makeup, Ini Akibatnya!
Pentas Legenda Danau Ranau Tampil Memukau di Festival Sriwijaya

Sanggar Duagha usai melaksanakan syuting Tari Sambut Serasan Seandanan (Humas Sanggar Duagha)

Untuk mengenalkan ke masyarakat luas, penampilan tarian tradisional ini juga disiarkan oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). Tarian khas Sumsel ini akan tayang pada tanggal 7 November 2018 mendatang.

Nah, teman-teman bagi kalian yang inging menyaksikan budaya OKUS yang satu ini jangan lupa sigap didepan layar kaca di tanggal 7 Novermber mendatang ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here