Sumber foto: Ulinulin.com

Kitogalo.com, Palembang – Pempek yang menjadi makanan khas Palembang kini menjadi kuliner khas terfavorit nomor satu di Indonesia.

Hal ini membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo, mengapresiasi keberhasilan Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo atas keberhasilan membawa pempek bisa laris manis ke masyarakat luas.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional II di Palembang, Kamis (11/10/2018), Mendagri menyampaikan bahwa pempek telah menjadi kuliner khas lokal Palembang yang unggul secara kuantitas. Produksi pempek sudah mencapai hitungan ton dalam sehari produksi.

“Wako Palembang luar biasa karena mampu membawa kuliner khas Palembang menjadi makanan terfavorit nomor satu secara nasional,”ujarnya.

Dalam sehari pempek bisa mencapai tujuh ton itu luar biasa. Di urutan makanan terfavorit kedua, ada bakpia asal D.I Yogyakarta. Selanjutnya ada di Kota Semarang dengan wingko dan lumpianya, lalu di Kota Medan dengan makanan khas bika.

Mendagri berikan apresiasi pada H Harnojoyo (tribunnews.com)

Wako Palembang Harnojoyo mengharapkan, dengan kegiatan Rakornas Camat Regional II di Palembang, dapat membawa dampak positif sendiri dibidang ekonomi.

“Kita berharap peserta Rakornas dapat berbelanja di Palembang. Bisa membawa pulang pempek dan produk khas Palembang lainnya sebagai oleh-oleh,” ujarnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here