Stasiun LRT Palembang yang ada di Jakabaring. Sumber Foto: utomotodeck.com

Kitogalo.com – Palembang akan menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki LRT sebagai sarana transportasi. Dalam beberapa hari ini, uji coba LRT Palembang telah dilakukan. Uji coba tersebut merupakan tes dinamis kelistrikan kereta. Selanjutnya, baik statis, dinamis hingga uji beban akan dilaksanakan sampai bulan Juli. Tapi siapa yang tahu bahwa harga tiket LRT Palembang telah diresmikan?

Dilansir dari AntaraTiket LRT Palembang nantinya akan terbagi atas dua tarif mengikuti zona tertentu. Zona pertama yakni Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II hingga zona 5 yakni OPI Jakabaring Palembang. Tiap zona akan diberlakukan tarif 5 ribu rupiah (dalam kota). Sedangkan jika keberangkatan langsung dari zona pertama hingga kelima akan diberlakukan tarif 20 ribu rupiah.

Tarif ini akan berlaku sementara dikarenakan pada pengoperasian awal, LRT Plaembang masih mendapat bantuan subsidi public service obligation (PSO) dari Kementerian Perhubungan.

(Kementerian Perhubungan)

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengatakan bahwa tarif ini dinilai sesuai dengan mempertimbangkan kemampuan masyarakat. “Kalau kami melakukan pergerakan itu ada dua, pertama adalah waktu, kedua adalah biaya. Masyarakat bisa memilih mana waktu yang paling singkat, mana yang paling murah”, ujarnya.

Pemerintah telah mengalokasikan dana subsidi tarif perintis sebesar 129 miliar rupiah, terhitung sejak operasional LRT dimulai pada Juni hingga Desember mendatang. Satu rangkaian LRT terdiri dari tiga kereta (gerbong) yang berkapasitas penumpang 200-300 orang per kereta.

Diharapkan LRT Palembang dapat menjadi solusi bagi kota Palembang agar semakin banyak warga Palembang yang beralih menggunakan transportasi umum dalam kesehariannya. Hal ini supaya masalah kemacetan dan polusi udara di Palembang dapat berkurang.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here