Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (pm.gc.ca)

Kitogalo.com, Palembang – Ramadan 1439 H tiba. Umat muslim bersuka cita menyambut bulan suci ini karena menjadi momentum meningkatkan amal ibadah kepada Sang Khalik. Seperti sudah menjadi tradisi ketika ramadan tiba, sesama umat muslim mengucapkan maaf sebagai tanda kesiapan menjalankan ibadah di bulan suci ini. Berbagai ucapan dan sambutan muncul baik secara langsung, melalui media telepon atau chat bahkan di status terbaru media sosial pribadi.

Tak ketinggalan, Perdana Menteri (Prime Minister) Kanada, Justin Trudeau ikut memberi ucapan selamat ramadan kepada kaum muslim melalui akun youtube pribadinya yang berdurasi 55 detik ini, ia menyampaikan kata sambutannya dengan ringkas dan padat.

“Assalamualaikum, hari ini umat muslim di Kanada dan di dunia menyambut datangnya Ramadan. Selama bulan ini umat muslim akan berkumpul bersama di masjid dan di rumah untuk menunaikan sholat, puasa di siang hari dan sorenya akan berbuka bersama,” kata perdana menteri tampan ini membuka sambutannya.

Melalui video yang di unggah pada Selasa, 15 Mei lalu, Trudeau juga menyampaikan banyak hal bisa dilakukan saat ramadan. Seperti menerapkan nilai-nilai menghargai, bersyukur, dan memberi dengan murah hati kepada orang lain di komunitas kita dan di seluruh dunia karena menurutnya Ramadan adalah waktu doa dan kontemplasi spiritual dan kesempatan untuk merefleksikan nilai-nilai seperti kasih sayang, rasa syukur, dan kemurahan hati.

Selain itu, ia juga menyampaikan bagaimana pentingnya umat muslim bagi negara Kanada. “Di Kanada, Ramadan juga merupakan kesempatan untuk merayakan komunitas Muslim negara kami, dan kontribusi penting yang diberikan Muslim Kanada setiap hari,” kata dia.

Setelah itu, perdana menteri berusia 46 tahun ini menyampaikan bahwa ia dan istrinya Shopie beserta keluarganya berharap semua yang menjalankan ibadah di bulan ramadan ini bisa mendapatkan keberkahan dan kedamaian.

“On behalf of our family, Sophie and I wish all those observing this holy month a blessed and peaceful Ramadan. Ramadan Mubarak,” tutup sang perdana menteri.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here