Kitogalo.com, Palembang – Dewan Kesenian Palembang (DKP) menggelar Sepekan Seni, yang dimulai pada Senin (10/2/2020) sampai hari Minggu (16/2/2020).

Dalam acara tersebut, DKP menampilkan berbagai pertunjukkan seni diantaranya pertunjukan sastra, pameran fotografi, teater, musik, tari, dan workshop film, bertempat di Gun’s Cafe Jalan Tasik Kelurahan Talang semut, Kecamatan Bukit Kecil Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebanyak 50 orang seniman kota Palembang, ikut terlibat dalam pekan seni ini, serta beberapa Komunitas pecinta seni lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Palembang Zanariah mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari keinginan DKP untuk kembali menonjolkan kesenian-kesenian lama Palembang.

“Sejak Ketua dan Pengurus DKP dilantik, kita selalu dukung untuk mengangkat hal-hal lama agar tetap lestari. Apalagi kota kita ini kota kunjungan wisata, jika kita menunjukkan apa yang menarik dari kota kita,” ucapnya, Selasa (11/2/2020).

Ketua DKP Muhammad Syah Iqbal Rudianto mengungkapkan, pekan seni ini menampung ke enam komite yang ada di DKP, yang bertujuan untuk mempromosikan semua kesenian di Palembang.

“Sepekan seni kami maksudkan untuk mengenalkan kekayaan kesenian Palembang. Dalam pameran ini kami rangkul semua masyarakat apalagi pemerintah sudah mensupport,” ucapnya.

Dikatakan Iqbal, pihaknya menampilkan
semua kesenian khas Palembang, seperti tari Kuntal, Musik Batanghari Sembilan, dan Biduk Perahu Bidar.

“Jadi ayo bersama-sama kita hadir ke sepekan seni,” ujarnya.

Iqbal menambahkan, bahwa Gun’s Cafe yang menjadi lokasi gelaran Sepekan Seni, disulap menjadi lokasi pagelaran Wayang Palembang, pameran lukisan, dan pertunjukkan seni lainnya.

“Bahkan perahu tradisional bidar ditampilkan,” tandas Didit sapaan akrab Iqbal Rudianto.

Editor : Nefryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here