Kitogalo.com – Bagi kamu para pecinta olahraga khususnya sepak bola pasti tidak asing jika mendengar Stadion Gelora Sriwijaya. Yup, betul banget! Stadion Gelora Sriwijaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Stadion Jakabaring merupakan stadion kebanggaan Wong Kito Galo. Stadion ini merupakan stadion terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta dan Stadion Utama Palaran di Kalimantan Timur.

Bertaraf internasional, Stadion Jakabaring ini memiliki luas lahan sekitar 40 hektare. Dengan empat tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan, stadion ini dapat menampung penonton hingga 38-45 ribu orang. Bentuk atap stadion merupakan lambang dari kejayaan Kerajaan Sriwijaya di bidang maritim yang disimbolkan dengan bentuk perahu dengan layar terkembang.

Pada awalnya, stadion ini ditujukan untuk kegiatan PON XVI pada tahun 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity GamesĀ  (ISG) 2013, dan ASEAN University Games (AUG) 2014. Saat ini, Stadion Jakabaring juga bakal menjadi tuan rumah untuk ASIAN Games 2018.

Fasilitas yang ditawarkan pun sangat beragam seperti aquatic center, lapangan tembak, pusat olahraga senam, badminton, squash, softball dan baseball, arena panjat dinding, danau ski air, jalur pacu sepatu roda hingga penginapan untuk para atlet.

Selain beragam fasilitas olahraga yang ditawarkan, terdapat juga kawasan budayaan untuk menyelenggarakan pentas kesenian dan pameran. Tak heran jika stadion kebanggaan warga Palembang ini menjadi primadona bagi siapa pun yang berkunjung ke Palembang.

Tidak ada salahnya bagi kamu yang tinggal di Palembang atau pun di luar Palembang untuk berkunjung ke Stadion Jakabaring untuk sekedar melihat-lihat atau pun mengabadikan momen bersama keluarga.

Dian Pramita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here