Kitogalo.com – Bising dengan keramaian dan kemacetan Kota Palembang? Ada tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk menghirup udara segar dan menikmati sejuknya pepohonan hijau. Kamu bisa merencanakan berkunjung ke Taman Wisata Alam Punti Kayu.

Taman ini sangat mudah dijangkau karena terletak di tengah-tengah Kota Palembang. Pengunjung bisa datang menggunakan kendaraan umum Bus Kota jurusan Km.12, Trans Musi, Taksi, atau kendaraan pribadi. Lokasinya juga hanya berjarak 10 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Taman Wisata Alam Punti Kayu buka setiap hari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Harga tiketnya pun sangat terjangkau. Tiket untuk anak-anak sebesar Rp 5.000 dan untuk dewasa Rp 10.000. Sedangkan pada hari libur dan hari minggu tiket untuk dewasa dipatok seharga Rp 12.000 dan Rp 6.000 untuk anak-anak.

Taman Punti Kayu dibangun sejak 1986 dan saat ini menjadi kawasan terbuka hijau Kota Palembang. Taman ini memiliki luas 50 hektar dan menjadi hutan lindung sejak 1998. Taman yang di dalamnya terdapat ratusan ribu pohon pinus ini telah dikelola secara profesional sebagai kawasan konservasi untuk melindungi keanekaragaman jenis flora dan fauna.

Taman Wisata Alam Punti Kayu terbagi menjadi 4 wilayah:

  1. Wilayah hutan lindung
  2. Wilayah perkemahan
  3. Wilayah danau dan rawa
  4. Wilayah taman rekreasi

Para pengunjung umumnya memilih spot favorit yaitu wilayah taman rekreasi. Taman ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung. Fasilitas tersebut seperti kolam renang, kebun binatang, gazebo, penangkaran buaya, sarana olahraga dan ruang serba guna.

Selain itu, terdapat arena menunggang kuda, gajah, taman bunga, taman bermain anak, dermaga perahu, kolam renang anak, jembatan gantung, dan panggung terbuka. Pengunjung juga bisa melihat 20 jenis satwa mulai dari buaya muara, landak, macan tutul, beruang, bebek, ular, ayam kalkun, elang bondol, elang garuda, malu-malu, siamang, kelinci, burung kuntul perak, kucing hutan, merpati, monyet, lutung simpei, orang utan, angsa, biawak, hingga burung kasuari.

Pengunjung juga dapat menikmati telaga, menunggang kuda dan gajah, menyebrangi jembatan gantung. Pengelola juga menyediakan paket-paket permainan outbound. Dan tentunya bisa menantang nyali pengunjung dan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda. Di taman ini juga terdapat arena bermain seperti ayunan, komidi putar, bianglala hingga Kid Water Park.

Selain dikunjungi rombongan keluarga, taman ini juga banyak di kunjungi sekolah maupun universitas yang juga melakukan kegiatan berkemah di Punti Kayu. Jadi, tidak ada salahnya berakhir pekan bersama keluarga dengan menikmati keindahan alam di tengah kota Palembang.

Dian P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here