Atlet SOIna Sumsel (nuansakito.com)

Kitogalo.com, Palembang – Kembali meraih prestasi, atlet Special Olympic Indonesia (SOIna) kontingen Sumsel berhasil memborong medali saat berlaga di Pekan Olahraga Nasional (Pornas) 2018 di Riau 19 – 23 Juli 2018 lalu. Tak tanggung-tanggung, para atlet Sumsel ini dapat masuk dalam kategori lima besar teratas dari 27 provinsi yang tersebar di Indonesia.

Mendapatkan 29 medali sekaligus adapun keseluruhannya terdiri dari 11 medali emas, 10 perak dan 8 perunggu.

Dilansir dari Sripoku.com, berikut medali yang berhasil diraih dari masing-masing cabang olahraga (cabor) berserta atlet yang mewakili. Atletik dengan perolehan 3 emas (Reza Baihagi, Ocha Amelia, Rizki Amelia) dan perunggu (Yurningsih, Purnama Dewi, estafet), Cabor Boccee dengan medali 2 emas (Putri Amelia tunggal putri dan Osyahkila tunggal putra), 1 perak (Choirunisa) dan 2 perunggu (Choirunisa dan Osyahkila), cabor bulutangkis dengan 4 emas (Dwi Prabawati, Yulfia + Dwi P, Hadi Sutopo, Hadi S+Ilham A), 1 perak (Yulfia), 2 perunggu (Hadi+Dwi, Ilham Adi).

Selain itu, untuk Cabor voli dengan 1 perunggu, Cabor basket 1 perunggu, Cabor futsal 1 perunggu, Cabor renang 1 emas (M Aries), 2 perak (Anangcik, Sobori Putra), 2 perunggu (Febriati, Sobori Putra) dan tak ketinggalan Cabor bowling dengan 2 emas (Abdul Rohman, Gabriel).

Juara Umum Pornas 2018 ini dipegang oleh tuan rumah yakni Provinsi Riau dengan perolehan medali 52 medali, sedangkan peringkat kedua diduduki oleh Ibukota Indonesia, DKI Jakarta dengan 41 medali, sedangkan juara tiga dan empat berturut-turut dipegang oleh Sumatera Barat dengan 36 medali dan Jawa Barat 38 medali.

Prestasi yang berhasil diraih oleh atlet SOIna ini menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar merupakan salah satu cara untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap atlet-atlet berkebutuhan khusus ini. Para atlet bisa memberi pecut motivasi kepada atlet normal. Dengan kondisi yang jauh dari kata sempurna, mereka masih bisa berjuang memberikan yang terbaik hingga menjadi posisi 5 besar.

“Pak Kadsipora, tolong sampaikan atlet kita yang akan berlaga di PON 2020 Papua nanti. Ini adalah contoh, kalau kita mau kita bisa,” tegas Nasrun.

Ia menuturkan bahwa ukiran hal positif jangan hanya sampai disini dan harus terus dipertahankan. Ditambah lagi, ajang Special Olympics World Summer (SOWG) di Abu Dhabi akan diadakan 2019 mendatang dengan atlet Sumsel peraih medali emas dipercaya untuk mewakili Indonesia.

Nasrun menjelaskan bahwa tak membutuhkan banyak syarat untuk bisa membuktikan bahwa Sumsel juga bisa diperhitungkan dalam ajang kompetisi olahraga, hanya berlatih dan bersungguh-sungguh.

“Kuncinya berlatih, berlatih dan berlatih. Pengorbanan juga diperlukan, yakni, berlatih bersungguh-sungguh dan mendengarkan arahan pelatih,” jelasnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here