Bpjs Kesehatan Palembang jalin kerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Banyuasin (Dok. Humas BPJS Kesehatan cabang Palembang)

Kitogalo.com, Pangkalan Balai – Untuk memperluas layanan Jaminan Kesehatan Nasioal – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Sumatera Selatan (Sumsel), BPJS Kesehatan cabang Palembang menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banyuasin.

BPJS Kesehatan Cabang Palembang Andi Ashar menandatangi perjanjian kerjasama dengan Disnakertrans Banyuasin di Ruang Rapat Disnakertrans, Rabu (20/2/2019).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Andi Ashar mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang dimana awal tahun 2019, minimal 95 persen masyarakat Indonesia wajib mempunyai jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage.

Ini dilakukan agar seluruh warga indonesia dijamin kesehatannya oleh program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), yang merupakan prioritas utama dari BPJS Kesehatan.

“Kerjasama ini dilakukan untuk mencapai terwujud meningkatkan kualitas penyelenggaraan program JKN-KIS, khususnya di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Perluasan layanan JKN-KIS ini, menurut Andi Ashar, perlu adanya sinergi dari seluruh stakeholder. Karena dikarenakan program ini bukan hanya milik BPJS Kesehatan tapi milik bersama dengan bagian dan peran masing-masing.

Ini juga diwujudkan untuk meningkatkan cakupan kepesertaan dan optimalisasi kepatuhan peserta. Terutama Pekerja Penerima Upah (PPU) di sektor Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

Ruang lingkup kerja sama meliputi penyelesaian ketidakpatuhan pemberi kerja, peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan peningkatan kesabaran dan kepatuhan pemberi kerja untruk memenuhi kewajibannya.

“Para pihak juga sepakat untuk saling menukar dan memanfaatkan sumber daya yang ada serta data Badan Usaha untuk kelancaran program JKN-KIS ini,” katanya.

Diungkapkan  M Syahrial, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuasin, kerjasama ini sangat diapresiasinya untuk mendukung program pemerintah.

“Kerjasama yang telah terjalin baik selama ini. Kami selaku dinas yang terkait dengan bidang ketenagakerjaan akan tetap terus mendukung Program JKN-KIS ini,” katanya.

BACA JUGA :

Gubernur Sumsel Ingin Pasar Wisata Pagar Alam Tembus Internasional

Mantan Dirut Bank Sumsel Babel Kelola Sriwijaya FC

BPJS Kesehatan Palembang Sosialisasikan JKN Pekerja Penerima Upah