Mengerjakan Skirpsi dengan Cepat. (Sumber Foto: cahunnes.com)
Kitogalo.com – Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa perguruan tinggi. Karena tidak ada deadline yang pasti, banyak mahasiswa yang menunda mengerjakan skripsi. Akhirnya, skripsi pun terbengkalai dan tak tersentuh lagi oleh mahasiswa.
Bagi kamu yang sekarang sedang berada di semester akhir, tentunya kamu sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan perencanaan skripsimu ke depan. Mulai dari judul, dosen pembimbing, tema dan lain-lain.
Ternyata, ada beberapa cara jitu agar skripsimu selesai lebih cepat Loh, Yuk disimak!

1. Tema penelitian adalah sesuatu yang kamu senangi

Image result for skripsi
Tema penelitian dalam skripsi. (Sumber Foto: adisumaryadi.com)

Tema merupakan poin utama dalam skripsi. Kamu lebih baik memilih tema yang memang kamu sukai saat ingin meneliti. Hal ini akan sangat berpengaruh dengan semangatmu dalam mengerjakan skripsi.

Jika kamu tidak menyukai apa yang kamu teliti, pastinya kamu akan malas-malasan mengerjakan skripsimu bukan?

2. Buat deadline untuk tiap bab

Image result for skripsi
Tiap bab harus diselesaikan tepat waktu. (Sumber Foto: youthmanual.com)

Target perlu dibuat agar skripsi tak terbengkalai begitu saja. Walaupun kamu memiliki segudang aktivitas, deadline skripsi ini tetap harus dipatuhi. Sebagai contoh, bab I harus selesai dalam 1 minggu, bab II selesai dalam 3 hari dan seterusnya.

Biasakan mendahulukan skripsi dibanding aktivitas lainnya. Pintar-pintar membagi waktu dalam sehari agar satu bab dalam skripsimu selesai sesuai deadline yang kamu buat ya!

Luangkan pula setiap harinya waktu minimal sejam untuk membuka skripsi. Entah itu menambah isi dalam skripsimu atau hanya mengedit apa yang sudah dikerjakan agar lebih baik lagi. Hal ini dilakukan agar kamu terbiasa membuka skripsi setiap harinya..

3. Kerjakan skripsi di manapun SELAIN di kamar

Image result for kamar
Kamar Tidur Yang Nyaman. (Sumber Foto: furnizing.com)

Kamar merupakan zona nyaman bagi setiap orang. Untuk bisa sukses mengerjakan skripsi, kamu harus keluar dari zona nyamanmu. Kondisi kamar yang pasti sangat nyaman untuk beristirahat tentunya akan menghambat pengerjaan skripsi.

Apalagi jika kamu mengerjakan skripsi di atas kasur. Yakin deh, dari waktu satu jam, hanya 20 menit waktu yang akan kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi. Sisanya ??? Ya tidur-tiduran sambil stalking Instagram deh!

Lebih baik kerjakan skripsi di luar rumah seperti di kafe. Karena, jika kamu berada di luar rumah, tidak ada hal lain yang bisa kita lakukan selain mengerjakan skripsi.

4. Temui dosen pembimbing setiap minggunya

Image result for dosen pembimbing
Konsultasi dengan Dosen Pembimbing. (Sumber Foto: papasemar.com)

Dosen pembimbing bertugas sebagai ‘teman curhatmu’ setiap ada masalah dalam skripsi. Walaupun skripsimu lancar-lancar saja, kamu harus tetap menemui dosen untuk menanyakan saran demi kemajuan tiap babnya.

Biasakan menemui dosen pembimbing setiap minggunya minimal dua kali pertemuan. Walaupun memang tidak ada yang diperbaiki, setidaknya ‘setor muka’ dengan pembimbingmu.

Jika kamu jarang menemui dosen pembimbing, si dosen akan lupa denganu dan juga jadi malas untuk membimbing tugas akhir kamu.

5. Jangan membantah omongan dosen pembimbing

Image result for dosen galak
Patuhi Semua Omongan Dosen Pembimbing. (Sumber Foto: youthmanual.com)
Selain sebagai teman curhat, dosen pembimbing juga merupakan manusia yang paling benar dalam setiap pengerjaan skripsi. Maka dari itu, jika dosen memberikan saran ataupun kritik kamu lebih baik menerima segala omongan yang keluar dari mulut beliau.
Hal ini juga berlaku walaupun kamu tidak setuju atau tidak mau mengikuti apa yang beliau sarankan. Lebih baik terima saja terlebih dahulu. Karna jika kamu membantah omongannya, sudah dipastikan skripsimu akan terhambat.

Kelima cara jitu diatas patut kamu aplikasikan saat pengerjaan skripsi. Tentunya tidak mau bukan menjadi alumni paling akhir dalam angkatanmu?

Yuk mulai semangat selesaikan skripsimu !

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here