Acaar Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Palembang (10/11). (Sumber: instagram.com/jaringankbi)

Kitogalo.com, Palembang – Komunitas Bela Indonesia (KBI) kembali menggelar Pelatihan Juru Bicara Pancasila. Kali ini pelatihan digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang pada 9 November 2018 hingga 12 November 2018.

Dihadiri oleh 40 peserta, Palembang menjadi kota ke-16 terselenggaranya pelatihan yang merepresentasikan keragaman lembaga, suku, agama dan profesi.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Yenny Roslaini, aktivis dari Women Crisis Group Palembang.

Dalam sambutannya, Yenny mengatakan Pelatihan Juru Bicara Pancasila ini sangat penting guna membantu para peserta untuk merenungkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“NKRI harus dipertahankan oleh warga negaranya. Salah satu caranya yaitu dengan terus menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa yang tidak bisa ditawar lagi,” katanya, saat ditulis Selasa (13/11/2018).

Supervisor KBI Kalimantan Tengah, Elza Peldi Taher mengatakan, Lembaga Survey Denny JA menunjukkan selama 13 tahun terakhir, dukungan terhadap Pancasila semakin menurun.

“Penurunannya cukup drastis, hingga 10 persen,” katanya.

Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Palembang ini, mengemas materi-materi yang disampaikan dengan lebih kekinian. Hal ini dilakukan supaya generasi muda dapat tertarik dengan pelatihan tersebut dan ikut peduli dengan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu peserta yang menggunakan cadar, Mita Sari menyampaikan, salah satu penerapan nilai Pancasila yaitu dengan menerima perbedaan dan tidak berprasangka buruk pada seseorang hanya karena pakaiannya.

“Ini adalah pilihan saya. Tapi identitas ini bukan karena saya bagian dari paham tertentu yang belakangan ini sangat meresahkan,” ucapnya.

Dalam pelatihan di Palembang ini, turut digiatkan kepada peserta agar lebih sering posting konten positif yang dapat menyatukan seluruh warga Indonesia. Terutama konten yang menganut nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga :

Sumsel Raih Kualifikasi Menuju Informatif, Keterbukaan Informasi Publik 2018

Sumsel Masuk Nominasi Provinsi Destinasi Halal Terfavorit 2018

Jangan Sampai Kelamaan Hapus Makeup, Ini Akibatnya !

Pelatihan Juru Bicara Pancasila akan diselenggarakan di 25 provinsi Indonesia. Semakin maraknya isu SARA yang berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini, membuat KBI ingin kembali menguatkan Pancasila sebagai dasar negara dengan berbagai keragaannya.

Pancasila dirasa sangat penting sebagai ideologi pemersatu bangsa dan hal ini harus disadari oleh semua warga Indonesia.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here