Kitogalo.com – Menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang, Pemerintah Kota Palembang mulai berbenah. Tidak hanya dari segi infrastruktur tapi juga wisata. Salah satunya dengan menghidupkan kembali Wisata Bersejarah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera).

 

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mulai menyisir kesiapan titik-titik destinasi wisata yang ada di Kota Palembang, baik dari segi kenyamanan, kebersihan, keamanan dan kemudahan aksesnya. Finda, sapaan akrabnya, menyambangi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) untuk meninjau kesiapan lokasi wisata tersebut untuk menyambut para wisatawan baik lokal maupun Internasional.

 

Saat melihat keadaan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Fitri merasa sedikit geram. Pasalnya ia menemukan banyak barang bersejarah yang terbengkalai tergeletak begitu saja. Tak hanya itu, bahkan atap plafon dan lantainya sudah banyak bolong yang dikhawatirkan akan ambruk jika banyak orang yang berdiri di atas lantai kayu tersebut. Belum lagi kurangnya penerangan, pendingin udara dan kamera keamanan atau CCTV yang sudah lama tidak berfungsi.

 

“Kita ingin lebih hidupkan lagi museum ini. Secepatnya akan kita benahi sehingga para turis seakan-akan bisa merasakan suasana Kota Palembang pada zaman dulu,”ujar Fitrianti, Kamis, 27 Juli 2017.

 

Setelah mengelilingi museum tersebut, Fitri bergegas menuju lokasi kedua yakni Monpera untuk melihat kondisi destinasi wisata sejarah tersebut. Namun keadaanya lebih baik dari lokasi pertama, dimana semua kamera keamanan semuanya aktif, pendingin udaranya juga sejuk.

 

“Nanti semua fasilitas yang sudah rusak atau yang kurang lengkap akan kita perbaiki dan kita tambah,” pungkasnya sembari berharap cagar budaya dan benda bersejarah di kota ini terus dilestarikan sebagai khazanah wisata. 

 

Alex Ramdhani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here