Kedatangan atlet asal Negara Jepang (asiangames2018.id)

Kitogalo.com, Palembang – Pembukan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Para kontingen dari puluhan negara berangsur-angsur datang ke Kota Palembang untuk mengikuti acara yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018 nanti.

Me Head International Relationship & Protocoler (IR & P) Inasgoc Sumsel, Yasser Arafat, mengatakan walaupun masing-masing kontingan belum lengkap, namun saat ini sudah ada 20 kontingen yang telah berada di Palembang.

“Ada sekitar 20 kontingen yang masuk, sudah ada beberapa atlet dan official juga masuk ke Palembang yang berasal dari 17 kontingen,” ujar Yasser, Rabu, 15 Agustus 2018.

Yasser menyampaikan regulasi dari Olympic Council of Asia (OCA) bahwa para atlet harus menginap di Athlete Village yang berada di dalam kompleks Jakabaring Sport City (JSC). H-2 pembukaan para atlet dan official harus sudah menghuni Athlete Village walaupun sekarang masih ada beberapa yang menginap di Hotel.

“Tapi memang baru sekitar 600 lebih yang sudah masuk ke Wisma. Ada juga beberapa yang menginap di Hotel, biasanya official. Tapi H-2 semua (Atlet dan Official) harus menginap di Wisma Atlet,” ujarnya.

Sampai saai ini baru sekitar 30 persen dari total sekitar 3.000-an atlet yang akan berlaga di Palembang nantinya. Hal ini disampaikan oleh Walikota Athlete Village Peter Taslim. “Yang menginap di luar kemungkinan official-official dan atlet yang belum jadwal mereka untuk diterima di areal AV. Jadi, mereka stay di luar sambil menunggu jadwal untuk masuk. Biasanya H-2 atau H-3 pertandingan mereka baru boleh masuk,” kata dia.

Atlet yang telah datang merupakan atlet dari cabang olahraga (cabor) yang akan melangsungkan jadwal pertandingan lebih dulu, misalnya sepakbola yang memang sudah dilaksanakan beberapa hari sebelum Opening Ceremony digelar.

Peter menambahkan bahwa H+2 upacara pembukaan akan menjadi hari puncak kedatangan kontingen. “Puncak kedatangan Atlet mungkin sepertinya di tanggal 20 nanti,” jelasnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here