(Sumber : astroshiopedia.com)

Kitogalo.com, Palembang – Gong Xi, Gong Xi, Selamat merayakan Imlek. Tahun baru China ini disambut antusias oleh seluruh kalangan. Meskipun ini adalah perayaan bagi umat Tridharma, terkhusus etnis Tionghoa, namun tidak menjadi penghalang bagi umat agama lain untuk saling mengunjungi.

Toleransi antarumat beragama sangat kentara di keluarga Ahmad, salah satu warga Palembang yang mempunyai keluarga besar dengan beragam keyakinan.

Momen Imlek ini menjadi ajang kumpul keluarga besar Ahmad, terutama di rumah salah satu keluarganya yang merayakan Tahun Baru China ini.

Kehangatan suasana sangat terasa, terlebih saat anggota keluarga sudah asyik mengobrol dan saling bertukar pikiran. Baik itu bercerita tentang politik, ekonomi, bisnis dan lainnya.

Keluarga besar Ahmad berkumpul bersama di salah satu keluarga yang merayakan Imlek (Kitogalo.com / Indah Sari)

“Kalau sudah berkumpul pasti tidak ingat waktu, tapi inilah bentuk kami saling menghargai antarumat beragama di keluarga besar,” ujar Ahmad kepada Kitogalo.com, Sabtu (7/2/2019).

Momen perayaan Imlek yang bertepatan dengan hari libur nasional juga, membuat seluruh keluarga bisa berkumpul tanpa disibukkan dengan aktivitas hari-hari.

Selain menjalin silaturahmi, keluarga yang merayakan Imlek juga menyajikan makanan yang halal. Sehingga seluruh keluarga dari beragam agama bisa menyantap makanan Imlek bersama-sama.

Beberapa jenis makanan yang disediakan saat Xincia yaitu makanan vegetarian, pempek Palembang, kue kering, kue basah, tekwan dan model, celimpungan Palembang dan masih banyak lainnya.

Bagi-bagi angpau ke salah satu anggota keluarga yang belum menikah (Kitogalo.com / Indah Sari)

Ada juga tradisi bagi-bagi angpau untuk anggota keluarga yang masih muda dan belum menikah. Bagi-bagi biasanya sangat seru, karena anggota keluarga yang akan mendapat angpau pasti sangat menunggu momen ini.

So… perbedaan agama gak harus menjadi halangan untuk saling bersilaturahmi dan berbagi kan guys. Apalagi banyak makanan dan angpau, duit dapat, perut kenyang…

Penulis : Indah Sari

 

BACA JUGA : 

Keunikan Perayaan Imlek di Vihara Dewi Kwan Im Palembang

Kamu Wajib Tahu 5 Hal Unik di Perayaan Imlek

Meriahnya Perayaan Imlek di Tahun Shio Babi Tanah