Rambut Sehat dan Berkilau. (Sumber Foto: fimela.com)

Kitogalo.com – Rambut yang sehat adalah idaman semua wanita, mungkin tak hanya wanita saja. Pria pun pastinya merasa kesal jika rambutnya sering rontok, ketombean dan yang lainnya.

Untuk itu, perawatan rambut tak hanya dari luar tetapi juga harus disertai perawatan teratur dari dalamnya. Perawatan dari dalam yakni dengan konsumsi makanan-makanan yang sehat agar rambut kita pun menjadi sehat dan indah.

Mau tau apa saja makanan-makanan yang patut dikonsumsi tersebut? Yuks cek disini..

1. Salmon

Image result for salmonSalmon Segar. (Sumber Foto: nutriouslife.com)

Protein, asam lemak, omega 3 vitamin B12, dan zat besi sangat dibutuhkan untuk menutrisikan rambut. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat banyak terkandung dalam sebuah ikan salmon.

Ya, ikan yang satu ini memang sudah diakui oleh seluruh dunia dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi di dalamnya. Semakin sering kita mengkonsumsi salmon, maka rambut kita akan semakin berkilau.

Tak hanya rambut, tetapi kandungan yang ada dalam salmon juga turut memproduksi kulit kepala kita agar tidak kering.

2. Tiram

Image result for tiram
Kumpulan Tiram. (Sumber Foto: kumparan.com)

Tak hanya salmon, makanan laut yang satu ini turut mengandung zinc yang sangat bagus untuk kesehatan rambut kita loh girls!

Tiram memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi. Tak hanya itu, zinc juga terdapat di beberapa makanan laut lainnya seperti kepiting dan lobster. Zinc berguna untuk mencegah kerontokan rambut.

3. Daging Tak BerlemakImage result for dagingDaging. (Sumber Foto: wiratech.co.id)

Jika kamu merupakan seorang yang alergi dengan seafood atau makanan-makanan laut, jangan khawatir!

Mendapatkan rambut yang sehat tak hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan laut yang memang kaya akan protein. Daging juga memiliki protein yang baik untuk rambutmu. Tetapi protein ini hanya bisa kamu dapatkan di daging-daging yang tak berlemak seperti daging ayam, daging kalkun dan daging-daging lain yang tidak mengandung terlalu banyak lemak jenuh.

Tak hanya protein, daging juga memproduksi vitamin C untuk memproduksi kolagen di tubuh yang dapat membuat rambut kuat, tebal, dan sehat.

4. Telur

Image result for telur
Telur Bulat. (Sumber Foto: hellosehat.com)

Mengandung banyak protein dan biotin, yang merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan rambut yang sehat terutama untuk mencegah rontoknya rambut. Telur merupakan makanan yang wajib dikonsumsi.

Selain itu, telur mengandung sulfur, nutrisi yang sangat penting untuk membantu penyerapan vitamin B untuk merangsang pertumbuhan rambut

5. Kacang Almond

Image result for kacang almond
Kacang Almond. (Sumber Foto: detik.com)

Kacang-kacangan mengandung asam lemak serta zinc yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Salah satunya yaitu kacang almond yang tinggi magnesium, selenium, asam lemak omega-3, dan seng yang dapat menyehatkan rambut.

Pecan nut dan kacang mete juga merupakan kacang-kacangan yang tinggi akan zat-zat tersebut.

6. Hati Sapi

Rendang Hati Sapi. (Sumber Foto: dapurmemasak.com)

Jika daging sapi memiliki banyak lemak jenuh yang kurang baik untuk rambut, hati sapi ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Hati sapi sangat direkomendasikan sebagai salah satu makanan guna menyehatkan rambut indahmu. Zat besi yang terdapat dalam hati sapi dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan memperbaiki rambut kusam.

7. Ubi Jalar

6 Manfaat Daun Ubi Jalar, Dari Kesehatan Mata Hingga Jantung
Ubi Jalar. (Sumber Foto: hellosehat.com)

Ubi jalar mengandung antioksidan yang disebut beta karoten, di mana tubuh kita akan mengubah beta karoten ini menjadi vitamin A.

Vitamin A berfungsi merangsang kelenjar di kulit kepala untuk memproduksi sebum aatau cairan minyak, agar rambut kalian tidak kering dan berujung ketombe. Tertarik untuk mengkonsumsi ubi jalar ini?

Mendapatkan rambut yang sehat tentunya tidaklah mudah. Siapa yang tahu jika makanan-makanan tersebut memiliki nutrisi yang tinggi untuk rambut?

Karena itu, Yuk.. mulai konsumsi makanan ini. Karna perawatan rambut yang sehat tak hanya dari luar saja, kebutuhan nutrisi dari dalam pun nyatanya sangat penting, girls!

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here