twitter.com

Kitogalo.com – Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang boleh berbahagia karena tahun ini Indonesia telah menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dan untuk pertama kalinya, Asian Games dilaksanakan di dua kota. Dalam setiap perhelatan Asian Games, tentunya selalu ada maskot ataupun simbol yang akan merepresentasikan kejuaraan olahraga terbesar kedua di dunia tersebut.

Pada tahun sebelumnya yakni 2014, Asian Games dilaksanakan di Incheon, Korea Selatan. Dalam Asian Games 2014 yang bertajuk “Diversity Shines Here”, Barame, Chumuro dan Vichuon yang merupakan tiga saudara menjadi maskot resmi pada Asian Games 2014 yang mengandung arti dari Angin, Tari dan Cahaya dalam bahasa Korea. Ketiga maskot tersebut diambil dari Pulau Baengnyeong, yang merupakan simbolis perdamaian antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Maskot Asian Games pada tahun 2018 yang diselenggarakan di Indonesia tak kalah keren, terdapat pula maskot Asian Games 2018 yang terdiri dari tiga satwa kebanggan Indonesia. Penasaran dengan maskot Asian Games 2018 yang sangat unik dan kreatif ini? Yuk disimak ulasannya!

  1. Bhin-Bhin
    Image result for bhin bhin
    insidethegames.biz

    Bhin-Bhin adalah maskot yang diadaptasi dari seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) asal Papua.  Dalam maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin tampil dengan mengenakan rompi motif Asmat dari Papua. Maskot ini sendiri merepresentasikan strategi dan harapan para atlet yang berjuang untuk mampu bersaing dengan strategi yang baik.

2. Atung

Related image
youtube.com

Atung adalah maskot yang diadaptasi dari seekor rusa bawean (Hyelaphus Kuhlii). Rusa ini banyak di jumpai di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Dalam maskot Asian Games 2018, Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Atung menjadi maskot yang merepresentasikan kecepatan, karena rusa sendiri dikenal akan kecepatan berlarinya.

3. Kaka

Image result for kaka asian games
uzone.id

Kaka adalah maskot yang diadaptasi dari seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang hanya bisa ditemukan di Ujung Kulon, Indonesia. Pada maskot Asian Games 2018, hewan langka ini mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang. Karena tubuhnya yang besar dan kuat, Kaka merepresentasikan kekuatan.

Nah, siapa yang sadar kalau ketiga nama maskot tersebut digabungkan akan menjadi Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan dari negara kita tercinta?

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here