LRT Palembang. Sumber foto: youtube.com

Kitogalo.com, Palembang – Kereta Light Rail Transit ( LRT) Palembang, Sumatera Selatan, akan digratiskan selama pelaksanaan Asian Games bagi masyarakat umum. Pemberlakuan tiket gratis untuk masyarakat umum tersebut akan dimulai pada 19 Agustus hingga 2 September mendatang.

Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, meskipun gratis namun ada kuota yang telah ditentukan untuk masyarakat ketika menaiki kereta LRT pada masa perhelatan Asian Games. Hal ini dikarenakan empat rangkaian kereta akan dikhususkan untuk para atlet serta ofisial Asian Games.

Pembatasan kuota penumpang tersebut yakni, dari stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang ke Stasiun DJKA. Pembagian kuota masing-masing yaitu Stasiun Bandara sebanyak 100 penumpang, Stasiun Bumi Sriwijaya 100 penumpang, Stasiun Cinde 60 penumpang dan Stasiun Ampera 70 penumpang.

Sedangkan pembatasan penumpang keberangkatan dari Stasiun DJKA ke Stasiun Bandara adalah sebagai berikut, Stasiun DJKA sebanyak 80 penumpang, Stasiun Jakabaring 80 penumpang, Stasiun Ampera 50 penumpang, Stasiun Cinde 50 pemumpang dan Stasiun Bumi Sriwijaya 70 penumpang.

“Masyarakat umum bisa menggunakan LRT dengan kapasitas yang tersedia atau terbatas dan itu juga tak dikenakan tarif alias gratis,” kata Aida dilansir dari Kompas, Sabtu,  18 Agustus 2018.

Pembatasan penumpang juga akan bertambah jika atlet serta ofisial Asian Games yang berdatangan turut bertambah. Jadi kuota gratis untuk masyarakat umum akan bergantung kepada banyaknya atlet dan ofisial Asian Games yang menggunakan LRT.

“Pembatasan penumpang umum diatur sesuai jumlah atlet dan ofisialyang akan menggunakan LRT Sumsel,” tambahnya.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here