Prosesi Kirab Obor Asian Games 2018 oleh Legenda Bulu Tangkis Indonesia Susi Susanti dan Mantan Atlet Tenis Yustedjo Tarik (bola.com)

Kitogalo.com, Palembang – Torch Relay atau Kirab Obor Asian Games 2018 akan segera melintasi Kota Palembang. Masyarakat yang ingin menyebrang dari ulu ke ilir atau sebaliknya diimbau untuk tidak melewati jalan protokol dan diarahkan melewati Jembatan Musi 2.

Hal ini dilakukan karena jalur di Jembatan Ampera akan dilewati Kirab obor Asian Games yang mengusung Api Abadi tersebut pada Sabtu, 4 Juli 2018.¬†“Kami imbau masyarakat yang ingin menyeberang baik dari Ulu ke Ilir maupun sebaliknya agar menggunakan jembatan Musi 2,” kata¬†Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Ahmad Yusuf Wibowo, Rabu, 1 Agustus 2018.

Selain mengerahkan 21 pelari untuk memeriahkan Kirab Obor Asian Games ini, Yusuf menyatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan Kota Palembang untuk mengarahkan para siswa yang sekolahnya dilintasi ikut berpartisipasi.

“Kita tunjukkan agar semua masyarakat dunia tahu, kalau kita benar-benar memeriahkan Asian Games 2018 nanti. Sebab Kirab Obor ini nantinya diliput oleh sekitar 50 media asing dari luar,” ujarnya.

Berakhir di Jambi, api abadi dari India ini disimpan di Lanud Sri Mulyono Herlambang dan keesokan harinya Obor tersebut dibawa oleh 51 anggota Paskhas TNI dan anggota Pengprov Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) ke Kompleks Jakabaring Sport City (JSC).

“Kita sudah melakukan rapat-rapat terkait keamanan, jadwal, secara telekonferensi khususnya kepada Kapolres di kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Berikut Rute Torch Relay Asian Games 2018 di Kota Palembang:
Jumat, 3 Agustus 2018
-Obor Api Abadi tiba di Palembang di Lanud Sri Mulyono Herlambang sore hari.
Sabtu, 4 Agustus 2018
-Dari Lanud Sri Mulyono Herlambang Obor diterbangkan ke Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan diterjunkan oleh 51 anggota Paskhas TNI dan Anggota Pengprov Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumsel.
-Pelaksanaan upacara penyambutan dan pengibaran bendera negara peserta, serta bendera Protokol dengan Gubernur Sumatera Selatan sebagai inspektur upacara.
-Obor dibawa oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan berlari kecil ke luar kompleks JSC dan kemudian bergantian dengan Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel.
-Sampai di depan Mapolresta Palembang, obor dinaikkan dengan mobil menuju Kota Palembang dari Jembatan Ampera
-Pelaksanaan pawai guyub dari Dinas Pariwisata Kota Palembang dengan 1.200 peserta kirab orang di pangkal Kota Palembang.
-Kirab dikawal 5 orang berkuda dan diiringi beberapa komunitas. Seperti Komunitas Motor, komunitas ojek online dan lain-lain.
-Iring-iringan akan melintasi Jalan Merdeka, masuk ke Jalan Samping Kantor Wali Kota, kemudian Jalan Kapten A. Rivai, Angkatan 45, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Basuki Rahmat, Jalan AKBP Cek Agus dan Jalan Dr. M. Isa.
-Dari Jalan M. Isa, obor kemudian dibawa dengan berlari secara bergantian oleh atlet, serta artis Ambassador para sponsorship Asian Games 2018 seperti Mikha Tambayong dan lain-lain.
-Kirab obor diteruskan menuju Benteng Kuto Besak (BKB) dan dilaksanakan kegiatan Guyub Budaya dan persiapan pengarakan obor dari jalur sungai.
-Di jalur sungai, obor akan melintasi Kampung Al-Munawar dan Pulau Kemaro. Setelahnya, kembali ke BKB dan bersiap menuju rumah dinas (Rumdin) wali kota.
-Di rumah dinas wali kota obor disimpan untuk dipersiapkan pengarakan hari selanjutnya. Kirab akan melintasi kabupaten/kota di luar Sumsel mulai keesokan harinya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here