Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Mufida Jusuf Kalla (tribunnews.com)

Kitogalo.com, Palembang – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufida Jusuf Kalla bertemu dengan para pengrajin songket Sumatera Selatan. Dalam pertemuan yang berlangsung di Griya Agung tersebut, ia memberikan beberapa saran dan nasehat. “Mengenai pengembangan motif dan pewarnaan itu memang mesti ada pelatihannya. Kita (pusat) akan bantu. Kebetulan orang yang ahli pewarnaan ini lagi di Amerika. Dia ahli betul mewarnai,” ujar Mufida, Palembang, Jumat, 11 Mei 2018.

Selain itu, terkait pengadaan benang emas, Mufida berjanji akan berdiskusi dengan beberapa ahli dan berkoordinasi dengan Menteri BUMN. Ia mengatakan akan berusaha membantu sebelum perhelatan akbar Asian Games 2018 berlangsung.

Dikunjungi istri Wapres Jusuf Kalla, para pengrajin tak mau ketinggalan kesempatan menyatakan curahan hati mereka mengenai perkembangan songket. Mulai dari warna, corak dan motif songket hingga bagaimana sulitnya pengrajin mendapat benang emas dan sutera sebagai bahan dasar pembuatan songket.

Salah satu perajin dari Lubuk Linggau bernama Leli berharap bisa mendapat kesempatan untuk bisa ikut pameran di luar negeri. Dia juga berharap bisa mendapatkan dukungan untuk bisa meningkatkan daya saing yang bisa didapat dari perusahaan swasta yang mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami sangat mengharapkan agar Dekranas mengimbau perusahaan untuk mengalokasikan lebih banyak bantuan melalui CSR supaya kami para pelaku UKM dapat bersaing di kemudian hari dan kami juga berharap diberi tempat untu menyambut Asian Games,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga mengatakan jika ke depan Dekranas memang sedang fokus pada pewarnaan alam dan motif. Setiap daerah diharapkan memiliki pakem yang bisa dilestarikan.

Acara Dekranas ini juga dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel, Hj. Eliza Alex Noerdin, serta sejumlah pengurus Dekranas pusat dan daerah.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here