Kitogalo.com – Satu lagi muncul icon wisata religi di Kota Palembang yaitu kawasan Terpadu Embarkasi Haji namanya. Baru diresmikan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin pada 8 Agustus 2017, kawasan ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Selain digunakan jamaah calon haji (JCH) dan umrah di Sumatera Selatan untuk manasik sebelum menjalankan Ibadah Haji di Tanah Suci, kawasan ini juga dapat dinikmati sebagai objek wisata baru bagi wisatawan. Mau tau apa saja keistimewaannya? Berikut ini enam hal menarik yang disarikan Kitogalo.com dari kawasan tersebut.

  1. Replika Ka’Bah

Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Provinsi Sumatera Selatan ini dilengkapi dengan Ka’bah berukuran serupa aslinya. Di buat persis sama supaya memudahkan bagi calon jamaah haji dan umroh untuk melakukan  ibadah thawaf saat manasik. Saat thawaf, pengunjung seolah-olah merasakan benar-benar berada di tTanah Suci.

  1. Lintasan Sa’i

Lintasan Sa’i antara Bukit Safa dan Marwah dibangun sepanjang 450 meter dengan suasana lintasan juga sama seperti bentuk sebenarnya. Interiornya pun dibuat menyerupai seperti yang ada di kompleks Masjidil Haram.

  1. Lempar Jumroh

Salah satu dari rukun haji adalah lempar jumroh sebagai simbol menghilangkan sifat setan. Di kawasan ini juga disediakan lokasi lempar jumroh sehingga jamaah dapat mengikuti rangkaian manasik ibadah haji dengan sempurna.

  1. Mock up pesawat haji

Satu lagi yang spesial. Di kawasan ini tersedia pula mock-up pesawat terbang jenis Airbus 320. Mock up pesawat haji ini juga benar-benar berbentuk sama dengan isi interior dalam pesawat yang sesungguhnya. Gunanya agar para jamaah dapat belajar dalam menggunakan fasilitas khususnya kamar kecil di dalam pesawat, mengingat jarak dari Indonesia menuju Tanah suci Mekkah sangat jauh.

  1. Museum Islam

Museum Sejarah Islam yang berisikan koleksi benda-benda bersejarah dan bernuansa Islam rencananya juga akan dibangun di kawasan ini. Konsepnya mirip Museum Exhibition of the Two Holy Mosques Architecture yang ada di Saudi Arabia. Gubernur Sumsel Alex Noerdin menegaskan jika nanti hanya ada dua museum serupa di dunia yaitu di Jeddah dan satu lagi di Palembang, Sumatera Selatan.

  1. Hotel Syariah

Masih dengan keistimewaan Kawasan Terpadu Embarkasi Haji, dibangun pula hotel syariah yang dikelola oleh Swarna Dwipa Syariah. Hotel bernuansa Islami ini dibangun sebagai fasilitas pendukung kegiatan manasik haji dan umroh. Selain untuk memberikan pelayanan akomodasi bagi calon haji maupun para pengantar, juga untuk mendukung sektor pariwisata Sumsel.

Itulah enam keistimewaan Kawasan Terpadu Embarkasi Haji yang ada di Palembang. Keren bukan? Kamu yang penasaran bisa langsung mengunjungi kawasan tersebut di Jl. Kol. H. Burlian Km. 9 Palembang . Check it out!

Alex Ramdhani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here