Kitogalo.com, Palembang – Anak zaman now pasti sudah tak asing lagi dengan skateboarding. Ya, olahraga yang cukup dibilang ekstrem tapi diminati remaja di Indonesia. Bahkan tak sedikit skatepark atau taman olahraga ini dimainkan semakin banyak dibangun di sudut jalan atau di taman kota. Yang tak disangka, olahraga keren ini ternyata masuk kedalam salah satu cabang olahraga yang akan dilombakan pada Asian Games 2018 mendatang.

Pada pertengahan tahun 1940-1950, Frank Nasworthy yang merupakan seorang peselancar asal California mencari alternatif untuk bermain surfing selain di laut. Saat itu, ia mencoba untuk melakukan skateboarding di daratan dan sejak itu permainan skateboard dimainkan. Alat yang digunakan pun hampir sama dengan surfing, yakni sebuah papan namun ukurannya berbeda. Papan skateboarding lebih kecil dan diberi roller skate. Seiring berkembangnya olahraga ini, banyak sekali modifikasi yang akhirnya melahirkan papan skateboarding seperti sekarang.

Sedangkan di Indonesia, skateboarding mulai dimainkan pada tahun 1980-an. Olahraga ini mulai populer seiring banyaknya pecinta skate yang memperlajari dari membaca majalah dan beberapa video dari luar negeri. Dengan semakin dicintainya olahraga skateboard ini, mulailah bermunculan event – event kejuaraan skateboard di Indonesia yang juga melahirkan banyak komunitas skateboarding dan tentunya atlet skateboarding.

Mengapa olahraga ini dijadikan salah satu cabang olahraga dalam ajang kompetisi Asian Games 2018? Hal ini dikarenakan Olympic Council of Asia (OCA) menambahkan satu cabang olahraga yang dianggap perlu ditampilkan. Alasan kedua, skateboard akan turut dilombakan pada Olimpiade Tokyo 2020 dan roller skate pada Youth Olympic 2019 di Buenos Aires, Argentina. Oleh sebab itu, OCA menganggap bahwa Asian Games 2018 adalah momen yang sangat tepat untuk menguji kompetisi skateboard tersebut.

Jakabaring Sports City Palembang dan GOR Saparua Bandung menjadi arena diadakannya Roller Sports Asian Games 2018. Pada kedua tempat tersebut sudah disediakan arena roller skate dan kini hanya tinggal menambahkan trek untuk skateboard itu sendiri. Wah, kalau sudah begini tentunya asik lho ya! Nah, bagi para pecinta skate, yuk dukung skater jagoanmu pada perhelatan Asian Games mendatang.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here