Sumber: Wikipedia

Kitogalo.com, Palembang – Lebaran tinggal menghitung hari, 18.105 pemudik tercatat sebagai pengguna jasa kereta api dari H-10 sampai H-5. Catatan ini direkam oleh PT KAI Palembang dengan tujuan daerah Sumatera Selatan menuju Lampung. Sedangkan jumlah kedatangan di waktu yang sama dari sejumlah wilayah di Sumsel dan Lampung ke Palembang mencapai 12.082 penumpang. Dari jumlah tersebut dapat ditotalkan pemudik yang memilih kereta api mencapai 30.187 penumpang yang keluar masuk Palembang.

Dilansir Sripoku.com manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menyatakan bahwa kenaikan jumlah penumpang dari tahun lalu sangat tinggi melebihi 100 persen.”Jika kita bandingkan penumpang dari tahun kemaren di hari yang sama mengalami kenaikan penumpang mencapai 121 persen,” kata dia, Senin, 11 Juni 2018.

Jika H-5 tahun 2017 penumpang mencapai 2.912 penumpang. Aida menerangkan bahwa jumlah penumpang di H-5 tahun 2018 mencapai 3.528 penumpang. Ia menyebutkan dua faktor yang menyebabkan kenaikan jumlah penumpang ialah pelayanan yang relatif baik dan panjangnya jangka waktu cuti bersama. “Ada kenaikan karena pelayanan yang sudah relatif baik dan massa cuti bersama yang panjang mempengaruhi jumlah penumpang, ” ujarnya.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang ini penambahan sebanyak satu gerbong untuk KA dilakukan oleh pihaknya dari Kertapati-Lubuklinggau ekonomi nya ditambh 1 gerbong untuk tanggal tanggal ganjil. Sedangkan kereta dari Lubuklinggau – Kertapati di tanggal genap. Tak hanya ekonomi ternyata kelas bisnis juga diberi gerbong tambahan, “Ekonomi dan bisnis masing masing kita tambah satu gerbong, ” kata dia.

Selama masa angkutan lebaran 2018 ini PT KAI Divre III secara total menyiapkan 59.444 tempat duduk, dengan jumlah per hari sebanyak 2.702 tempat duduk untuk KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati – Lubuk Linggau (PP), KA Ekonomi Serelo relasi Kertapati –Lubuk Linggau (PP), KA Komersial Limeks Sriwijaya relasi Kertapati – Tanjung Karang, KA Ekonomi Rajabasa relasi Kertapati – Tanjungkarang.

Selain itu PTT KAI juga menyedikan layanan Pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai minimarket dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Tak lupa untuk meningkatkan kualitas pelayanan PT KAI Divre III menyiapkan Posko di stasiun-stasiun keberangkatan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2018 sehingga merekan akan mendapatakan kenyamanan dalam menggunakan jasa Kereta Api Indonesia.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here