Sumber: Instagram @scci.palembang.sumsel

Kitogalo.com, Palembang – Sudah mencapai 91%, uji coba dinamis kereta ringan (Light Rail Transit/ LRT) berjalan lancar dan memuaskan. Rencananya uji coba ini masih akan dilanjutkan hingga bulan Juli mendatang.

Dilansir tribunsumsel.com, Menteri Pehubungan RI, Budi Karya Sumadi sempat hadir ke kota Palembang guna menyaksikan secara langsung uji coba dinamis LRT yang mengambil rute dari Jakabaring menuju stasiun Opi Mall “Saya datang ke Palembang untuk memastikan pengoperasin LRT Sumsel ini,” kata Menhub Budi.

“LRT ini transportasi masa depan Sumsel. Kita patut bangga karena kita yang memiliki LRT pertama di Indonesia,” sambungnya. Dengan adanya uji coba, ia juga menilai bahwa LRT Sumsel sudah sangat siap untuk beroperasi menjadi trasportasi andalan yang siap di berlakukan sebelum Asian Games tiba dan akan menjadi transportasi umum anti macet bagi masyarakat Sumsel nantinya, khusunya bagi masyarakat kota Palembang.

Selain itu, Budi mengaku pihaknya dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih dalam tahap diskusi untuk menetukan tarif yang sesuai. Dan kabar gembiranya, sebelum diberlakukan tarif, masyarakat Palembang akan disodori naik LRT gratis pada minggu pertama dioperasikannya kereta ringan ini.

“Satu minggu pertama beroperasi, (LRT) gratis ya untuk masyarakat,” ujar mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini. Pimpinan Proyek (Pimpro) LRT Sumsel, Masudi Jauhari menyatakan bahwa uji coba LRT akan terus dilakukan hingga beroperasi penuh pada akhir Juli atau awal Agustus mendatang. Selain itu, akan ada enam rangkaian tambahan untuk LRT wong kito ini. Rangkaian itu akan di datangkan dari Madiun ke Palembang dalam waktu yang tak lama lagi.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here