Ilustrasi KTP Elektronik (NET.Z)

Kitogalo.com, Palembang – Kabar gembira untuk kamu yang belum punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau bagi yang sudah punya tapi mengalami kerusakan. Kini, di Asrama Haji Palembang sedang membuka layanan untuk membuat KTP baru atau perbaikan KTP lama.

Kok bisa? Ya karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumatera Selatan sedang mengadakan program Gerakan Indonesia Sadar Adminitrasi (GISA). Program ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari hari Rabu (11/7/2018) hingga Jumat (13/7/2018) pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.

Dilansir dari Tribunnews.com, salah satu petugas Disdukcapil, April mengatakan bahwa pelayanan yang disediakan ini tidak berbayar alias gratis untuk masyarakat. “Di sini bisa melayani perekaman, perubahan elemen (data), rusak atupun yang KTP nya hilang, bisa diurus di sini secara gratis,” ujar dia.

Adapun syarat yang harus dibawa ialah hanya fotokopi Kartu Keluarga (KK) bagi pemohon yang belum pernah membuat KTP dan perubahan data. Sedangkan bagi pemohon yang datang karena kehilangan harus membawa fotokopi KK dan juga Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian.

Proses yang akan dilalui tak begitu rumit, pemohon akan diberikan formulir untuk diisi kemudian formulir dikumpul disertai dengan lampiran fotokopi KK dan Surat Laporan Kehilangan, lalu pemohon akan diberi nomor antrian dan menunggu panggilan perekaman. Untuk pengambilan KTP akan dilakukan serentak pada hari Jumat mendatang.

Nah tunggu apalagi? Bagi kalian yang ingin membuat KTP baru atau memperbaharui KTP karena hilang dan rusak bisa langsung datang ke Asrama Haji Palembang ya, Gratis!

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here