Ilustrasi Berkuda (portalmuslim.id)

Kitogalo.com, Palembang – Olahraga merupakan salah satu keharusan dalam hidup, namun kini tak sedikit orang yang menjadikan olahraga sebagai hobi sehingga menekuninya. Berkuda dan memanah merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga yang membutuhkan tempat khusus.

Kini, Kota Palembang juga telah memiliki tempat wisata baru khusus arena berkuda dan memanah. Jadi tak perlu jauh-jauh lagi mencari arena untuk menunggangi kuda dan memanah. D’sultan Stable, wahana wisata dan edukasi berkuda yang berlokasi di Jl. Kol. Sulaiman Amin Lorong Pagar Dewa, Talang Buruk Km 7,5, Kecamatan Alang-Alang Lebar.

Tempat ini sudah berdiri sejak dua tahun lalu, namun baru tiga bulan terakhir dibuka untuk umum. Karena memang sebelumnya arena seluas dua hektar ini dipakai khusus untuk kegiatan klub, namun sekarang mayarakat umum bisa menunggangi kuda dan memanah.
Di sini disediakan paket joy ride atau wisata berkuda dipatok dari harga Rp 25 ribu sekali keliling lapangan dan Rp 150 ribu per jam. Untuk memanah 20 shoot Rp 75 ribu dan 10 shoot Rp 50 ribu. Paket tersebut bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Abdul Robby, Deputi Manager D’sultan Stable mengatakan ada dua arena pacuan berkuda di sini. Pertama arena round pen, mengelilingi lapangan dalam kandang yang dibuat melingkar, yang digunakan untuk sekedar merasakan sensasi berkuda. Kedua, area pacu dengan trek yang panjang dan luas dan juga bisa digunakan untuk foto pre wedding.

Dibuka setiap hari, Robby mengatakan bahwa tempat ini padat pengunjung pada akhir pekan. “Setiap weekend di sini selalu ramai. Kita buka setiap hari dari pagi pukul 07.00 hingga 17.30 WIB,” jelasnya, dilansir dari Sripoku.com, Sabtu (1/9/18).

D’Sultan Stable mempunyai empat koleksi kuda. Ada satu jenis G3 dari peranakan dan persilangan thoroughbred asal Inggris dan tiga kuda lokal dari Bukit Tinggi. Kuda yang sudah terlatih punya harga jual yang tinggi. Untuk jenis G3 sendiri bisa mencapai ratusan juta.

Selain mencoba olahraga berkuda, edukasi mengenai kuda juga diberikan kepada pengunjung. “Disini juga kita berikan edukasi tentang kuda, bagaimana cara merawat kuda dan lain-lain. Selain itu juga olahraga kuda merupakan sunnah Rasul,” ujarnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here