Timnas Wanita Indonesia U-16. Sumber Foto: breakingnews.co.id

Kitogalo.com, Palembang – Setelah pemusatan latihan nasional (pelatnas) Tim Nasional Wanita Indonesia untuk Asian Games 2018 digelar di Palembang, kini Timnas Wanita Indonesia kembali bersiap guna menghadapi piala AFF (Asean Footbal Federation) Putri di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Kegiatan ini dianggap merupakan test event menjelang Asian Games 2018 untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan Garuda Pertiwi ini.

Piala AFF Putri diikuti oleh sepuluh tim yang terbagi dalam dua grup, yakni Grup A (Thailand, Australia, Malaysia, Timor Leste, dan Kamboja), sedangkan Grup B (Vietnam, Myanmar, Filipina, Indonesia dan Singapura). Indonesia sendiri sebagai tim tuan rumah akan mengandalkan tim yang sama saat turun pada pertandingan persahabatan melawan Thailand pada bulan lalu.

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna dalam konferensi pers di Palembang, Jumat (29/6/2018) mengatakan, selama ini timnas kesulitan mendapatkan lawan tanding. Tapi dengan bergabung dalam grup B bersama Vietnam, Myanmar, Filipina, Indonesia dan Singapura di Piala AFF ini, maka setidaknya bisa menjadi alat ukur kemampuan tim.

“Seperti diketahui, timnas putri sudah tidak bertanding di AFF sejak tiga tahun lalu. Jadi kesempatan bertanding di AFF ini sebenarnya lebih kepada memantangkan kesiapan tim untuk ke Asian Games,” kata Satia.

Salah satu gelandang timnas putri yang ikut ke Piala AFF, Zahra Muzdalifah merasa bahagia bisa menjadi bagian dari kejuaraan negara-negara ASEAN tersebut. Zahra menganggap persiapan timnas untuk turnamen tersebut sudah cukup baik. Namun, mengingat lawan-lawan yang dihadapi berkualitas baik, ia menyebut ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari dirinya dan rekan.

“Yang pasti kami harus disiplin dan tenang saat menguasai bola. Itu kelemahan yang harus diperbaiki,” kata Zahra.

Untuk jadwal awal Indonesia di pertandingan Grup B Piala Putri AFF 2018 yakni pada 1 Juli 2018, pukul 19.00 WIB. Dimana pada hari minggu malam tersebut, Indonesia akan menghadapi Singapura. Serta pada 3 Juli 2018, pukul 16.00 WIB, Indonesia akan melawan Vietnam. 5 Juli 2018, pada pukul 19.00, Indonesia akan menghadapi Myanmar. Dan 4 hari kemudian, tepatnya pada 9 Juli 2018 pukul 16.00 WIB, Indonesia akan menghadapi Filipina.

Berikut 23 nama pemain tim nasional putri Indonesia untuk Piala AFF Putri 2018.
Penjaga gawang: Vera Lestari, Norffince Boma, Riska Julianti.
Bek: Safira Ika Putri Kartini, Vivi Oktavia Riski, Rizky Amalia Putri, Ade Mustikiana Oktaviani, Risda Yulianti, Nur Laili Khomariyah Purnama.
Gelandang: Yudith Herlina Sada, Maulina Novryliani, Zahra Muzdalifah, Dwie Aprillia Fitria Murti, Dhanielle Dapne, Rani Mulya Sari, Tia Darti Septiawati, Susi Susanti, Jesella Arifya Sari, Ria Ristiani.
Penyerang: Mayang Zp, Syenida Meryfandina, Tugiyati, Dewi Tia Safitri.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here