1. Pempek

Pempek memang jadi ikon kuliner Kota Palembang dan udah diketahui penjuru Tanah Air. Pempek merupakan makanan olahan dari ikan segar dan tepung terigu yang jadi makanan sehari-hari warga Palembang dan Sumatera Selatan umumnya. Dengan saos pedas yang disebut cuko terbuat dari racikan gula aren, cabai, bawang putih dan asam, bikin yang makan semakin ketagihan.

Ada banyak jenis pempek. Yang paling terkenal tentu Pempek Kapal Selam. Berbentuk seperti kapal, pempek ini gendut karena berisi telur. Yang lain ada pempek telur kecil, lenjer kecil, adaan, keriting dan kulit. Ada juga pempek panggang dan pempek lenggang. Tinggal pilih sesuai selera. Dijamin semuanya enak.

  1. Tekwan

Sama seperti pempek, tekwan juga olahan dari ikan segar dan tepung terigu. Tapi bentuknya kecil-kecil (tapi tidak bulat) laiknya pentolan bakso. Tekwan juga dihidangkan dengan kuah bening seperti bakso atau sup. Biasanya kuah tekwan dicampur dengan soun, irisan bengkoang dan jamur kuping sehingga makin enak. Tekwan paling enak dimakan di saat hujan turun atau cuaca dingin. Dengan kuah yang panas dan ditambah cabai, rasanya pasti pas menghangatkan tenggorokan.

  1. Model

Model sebenarnya serupa tapi tak sama dengan tekwan. Makanan ini juga dihidangkan dengan kuah yang berisi soun, irisan bengkoang dan jamur kuping. Tapi bentuknya tidak seperti tekwan yang kecil-kecil melainkan bulat seperti pempek kapal selam. Yang berbeda adalah isinya. Jika pempek kapal selam berisi kuning telur, model berisi tahu.

  1. Mie Celor

Mie celor dari Palembang ini bukan seperti mie kebanyakan. Bentuknya lebih tebal seperti udon, mie dari Jepang. Tapi penyajiannya dengan kuah santan kental yang telah dicampur dengan kaldu udang. Sedikit ditambah dengan sayuran toge, membuatnya terasa segar dan nikmat.

  1. Martabak Har

Martabak khas Palembang ini bisa jadi menu alternatif bagi pencinta kuliner. Martabak ini agak mirip seperti martabak telur minus sayuran. Adonan kulit martabak hanya berisi telur bebek dan digoreng di atas wajan pipih. Kuahnya bukan terbuat dari campuran gula merah, tetapi kari yang dicampur dengan potongan kentang dan daging sapi.

Nana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here