BPJS Ketenagakerjaan (Dok. Humas BPJS Ketenagakerjaan)

Kitogalo.com, Palembang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Palembang membuka pelatihan vokasi, untuk meningkatkan kompetensi warga Palembang dalam berbagai bidang.

Kepala BPJS Cabang Palembang, Asran Pane, mengatakan pada program vokasi ini ada berbagai jenis pelatihan yang akan diberikan kepada tenaga kerja.

Pendidikan yang akan diberikan yaitu listrik instalasi, kejuruan mobil/otomotif, mekanik junior sepeda motor, kejuruan tata rias, staf administrasi, sekretaris, kejuruan bordir, dan basic office.

“Untuk dapat mengikuti ini peserta tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya, Selasa (22/10/2019).

Asran bilang, bagi tenaga kerja yang ingin mendaftar sebagai peserta pelatihan vokasi dapat dilakukan secara online, melalui website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan menggunakan akun BPJSTKU. Namun, jika belum memiliki akun, dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi BPJSTKU.

“Pendaftaran sendiri dimulai pada Senin (21/10/2019) hingga batas waktu yang belum ditentukan,” ucapnya.

Pendidikan Vokasi BPJS Ketenagakerjaan (Dok. Humas BPJS Ketenagakerjaan)

Asran menjelaskan, adapun persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini yaitu sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun, warga negara Indonesia atau NIK valid, ter-PHK baik karena berakhirnya kontrak kejadian tertentu, masa tunggu 1 bulan, ketentuan upah minimal sesuai UMK, serat usai maksimal 40 tahun.

“Selain gratis, peserta juga akan mendapatkan modul pelatihan dan alat tulis, baju kerja, serta uang pengganti transportasi,” ujarnya.

Melalui program pelatihan vokasi ini, lanjutnya, diharapkan meningkatkan kualitas, keterampilan, dan kompetisi sehingga mamupu meningkatkan kesejahhteraan tenaga kerja.

Selain itu,para peserta dapat pula meningkatkan peluang kerja bagi yang mengalami PHK, sebab perusahaan dapat memperoleh pekerja sesuai dengan kebutuhan.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Prawira-Reno Terpilih Jadi Ketua dan Sekretaris AJI Kota Palembang 2019-2022

Warung Bakso Granat Mas Azis Palembang Disegel, Yuk Cek Faktanya…

Intip Sosok Nadiem Makarim, Bos Go-Jek yang Masuk Bursa Calon Menteri