Kitogalo.com, Palembang – Tinggal hitungan hari lagi, persiapan menuju pembukaann Asian Games di Palembang semakin matang. Sebagai tuan rumah, Palembang sudah mengumumkan hari untuk arak-arakan Obor Asian Games. Hal ini dilakukan untuk memeriahkan pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Arak-arakan tersebut rencananya akan melewati 7 kabupaten kota yang ada di Sumatera Selatan.

Dilansir dari Sripoku.com, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Akhmad Yusuf Wibowo mencanangkan akan ada 7 kabupaten kota Sumatera Selatan yang akan dilewati oleh arak-arakan ini. Kabupaten kota tersebut meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, MUBA, PALI, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir dan OKI hingga sampai perbatasan Provinsi Lampung.

Yusuf mengatakan bahwa pelaksanaan arak-arakan ini akan digelar pada tanggal 4 Agustus mendatang. “Arakan Obor Asian Games akan di laksanakan pada tanggal 4 Agustus 2018 pada pukul 09.00 WIB,” kata Yusuf.

Yusuf menjelaskan lebih detil bahwa Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring akan menjadi titik awal arakan Obor Asian Games dimana sebelumnya akan dibawa oleh penerjun payung dari pihak TNI AU dan kemudian di serahkan kepada Gubernur Sumsel sebelum di arak.

Selain itu pada arak-arakan tersebut, para atlet dan pihak terkait akan membawa 45 bendera negara peserta acara empat tahunan ini. Dari tangan Gubernur Alex, Yusuf mengatakan bahwa estafet Obor ini cukup panjang, Gubernur akan menyerahkan kepada Panglima Kodam II dan kemudian setelahnya akan diserahkan kepada Kepala Polisi Daerah Sumsel dan akhirnya akan diserahkan kepada atlet.

“Setelah diserahkan, Obor ini nanti akan di bawah oleh Pak Gubernur Alex Noerdin dengan jarak 100 M lalu di serahkan kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Putranto kemudian diberikan kepada Kapolda Sumsel Irje Pol Zulkarnain Adinegara dan diserahkan kepada para atlit,” ungkapnya.

Tak lupa, Yusuf menambahkan bahwa pihaknya juga meminta kepada semua pihak untuk terlibat dalam mensukseskan Asian Games.”Kita harap semua pihak yang terlibat dapat berkoordinasi dengan baik sehingga arakan Obor Asian Games 2018 dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here