Ampas teh (Sumber NET)

Kitogalo.com – Teh merupakan minuman yang digemari banyak kalangan. Baik teh hijau maupun hitam, keduanya memiliki manfaat bagi tubuh. Teh biasanya didapatkan dari seduhan daun teh kering atau celupan kantung teh.

Biasanya ampas teh akan dibuang jika tak menghasilkan teh yang pekat lagi. Ampas teh baik berupa seduhan daun teh atau kantung teh sering terbuang begitu saja. Padahal, ampas teh masih dapat digunakan untuk perawatan wajah.

Khasiat teh masih bisa didapat dari ampas teh ini. Teh sebagai antioksidan yang kuat mampu merawat kulit dari efek radikal bebas. Ampas teh bisa digunakan sebagai masker, toner, atau mempermudah proses pengelupasan kulit mati.

Ada beberapa khasiat dari ampas teh, yuk disimak :

  1. Obat Jerawat
Jerawat (Sumber NET)

Dilansir dari Healthline, menurut sebuah ulasan pada tahun 2016, EGCG dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Mereka telah menunjukkan peningkatan dalam mengobati jerawat dan kulit berminyak. Berikut cara penggunaannya:

Ambil ampas teh dari satu atau dua kantong teh dan basahi dengan air hangat. Campur ampas teh dengan madu atau gel lidah buaya. Oleskan campuran ini pada area yang rawan jerawat di wajah.

Biarkan masker selama 10 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi tiap dua kali seminggu.

2. Usir Kantong Mata

Kantong mata (Sumber NET)

Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Tanin dalam teh juga dapat membantu mengurangi bengkak di mata. Berikut langkah-langkahnya:

Peras kantong teh untuk menghilangkan kelebihan cairan yang ada. Masukkan kantong teh di lemari es selama 10 hingga 20 menit. Tempatkan kantong teh di mata tertutup Anda hingga 30 menit.

Meskipun penelitian klinis tidak mendukung metode ini, Mayo Clinic merekomendasikan penggunaan kompres dingin untuk menghilangkan bengkak dan kantung mata.

Juga, menurut artikel 2010 dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, kafein dalam teh hijau dapat menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

3. Atasi Sengatan Matahari

Wajah kena sengatan matahari (Sumber NET)

Radiasi UV adalah salah satu penyebab utama pigmentasi kulit, kanker kulit, dan masalah terkait kulit lainnya.

Kompres dingin yang terbuat dari kantong teh dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi kemerahan. Efek ini didapat berkat kehadiran asam tanat dalam teh yang membantu kulit menghilangkan sengatan matahari dan noda.

Sebuah studi jangka panjang 2013 terhadap 24 orang menunjukkan bahwa kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berkurang dengan aplikasi kosmetik topikal yang mengandung ekstrak teh hijau.

Cukup tempelkan ampas teh atau kantung teh pada area kulit yang tersengat matahari. Kulit akan mendapatkan efek menenangkan dari ampas teh. Pijat lembut pada area sengatan matahari untuk mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan.

4. Segarkan Kulit Kering

Kulit kering (Sumber NET)

Ampas teh juga bisa digunakan sebagai perawatan kulit kering. Teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E, yang dikenal karena kemampuannya untuk memelihara dan melembabkan kulit.

Seduh kembali ampas teh untuk menyegarkan kulit kering. Biarkan teh menjadi dingin, lalu tuangkan ke dalam semprotan atau botol. cukup semprotkan ke kulit atau oleskan dengan kapas sebagai toner.

Teh apa pun bisa digunakan, tetapi antioksidan dalam teh hijau sangat efektif untuk merehidrasi kulit kering.

5. Angkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati (Sumber NET)

Ampas pada kantung teh juga bisa digunakan sebagai butiran eksofliasi. Tekstur kasar pada ampas teh dapat mengangkat sel kulit mati tanpa merusak kulit. Kulit juga akan terasa halus dan lembut berkat kehadiran antioksidannya.

Pengelupasan kulit membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Proses pengelupasan kulit juga membantu memicu produksi sel kulit baru untuk penampilan yang bercahaya.

Ampas teh hijau kering menawarkan tekstur agak abrasif yang secara lembut menghilangkan kulit mati. Antioksidan dalam daun teh juga membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang bisa menyebabkan jerawat.

Ambil kantong teh bekas dan biarkan mengering dengan benar. Buka kantong dan aplikasikan ampas teh pada wajah dengan pijatan seperti menggunakan scrub. Bilas wajah dan gunakan pelembab. Gunakan scrub ini dua minggu sekali.

6. Anti Penuaan

Anti penuaan (Sumber NET)

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2005 terhadap 80 wanita menunjukkan peningkatan elastisitas kulit pada peserta yang diobati dengan rejimen kombinasi teh hijau topikal dan oral. Kandungan antioksidan pada teh mampu meremajakan kulit dan mencegah masuknya radikal bebas.

Teh hijau juga dikemas dengan vitamin B dan vitamin E — dua senyawa yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin B membantu menjaga produksi kolagen, yang meningkatkan elastisitas kulit.

Kolagen adalah salah satu senyawa utama dalam produk anti-penuaan karena mengencangkan kulit dan mencegah keriput. Vitamin E membantu mendorong regenerasi sel. Vitamin ini berfungsi untuk melembabkan dan menyehatkan kulit.

Antioksidan dan polifenol yang terkandung dalam teh dapat melindungi kulit Anda dari penuaan dini dan pembentukan kerutan. Selain itu, teh hitam juga merupakan agen anti-kerut yang sangat efektif. Cukup gunakan ampas teh sebagai masker, toner, atau pencuci muka.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Ngeri… 6 Artis Ini Pernah Alami Mati Siru

Terima Tantangan Warganet, Baim Wong Survive di Pulau Kosong di China

Video Anak Takut Ayahnya Tertukar Saat Potong Kurban Hebohkan Warganet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here