Mobile Legends (Sumber ; Mobile Legends Application)

Kitogalo.com, Palembang – Siapa yang tidak tahu game Mobile Legends Bang Bang. Game online ini resmi diluncurkan pada tanggal 9 November 2016 lalu. Tak butuh waktu lama, game ini langsung mencuri perhatian penggemarnya.

Game ini dikembangkan oleh Moonton, salah satu perusahaan raksasa game di dunia. Hingga saat ini game online Mobile Legends Bang Bang semakin diminati banyak orang. Mobile Legend Bang Bang merupakan sebuah permainan Moba yang dirancang untuk ponsel berbasis IOS atau Androind.

Karena game online ini sangat menantang, banyak pemainnya yang sering lupa waktu, sehingga meninggalkan aktifitas sehari-harinya.

Seperti diakui Jodi Al Hafiz, mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Palembang ini. Dia betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk bermain Mobile Legends.

Bahkan pria berusia 20 tahun ini mengabaikan waktu istirahatnya di malam hari, hanya demi menaikkan level karakter yang dimainkan.

Meskipun membuang waktu, namun kerja keras Jodi dalam menekuni game online ini berbuah manis. Setelah bermain Mobile Legends sekitar 1,5 tahun lamanya, dia akhirnya dinobatkan menjadi pemain Profesional Mobile Legends.

“Saya dapat banyak tawaran menjadi Caster atau orang yang memberikan komentar saat sedang ada turnamen Mobile Legends,” ujarnya kepada Kitogalo.com, Senin (3/12/2018).

Profesi Caster pun menjadi ladang pundi-pundi uang bagi Jodi. Apalagi dia bisa mendapatkan uang tambahan di sela aktifitasnya kuliah.

Jodi Al Hafiz dan teman-temannya bermain Mobile Legends di sela aktifitasnya (Kitogalo.com / Gilang Ramadhan)

Cara memainkan Mobile Legends juga terbilang sederhana. Para pemainnya terbagi menjadi dua tim. Di setiap timnya terdiri dari lima pemain yang bertugas untuk berjuang mencapai dan menghancurkan basis musuh.

Strategi itu sekaligus mempertahan basis mereka sendiri agar tidak dihancurkan. Ada banyak karakter yang bisa dipilih oleh setiap pemain Mobile Lengends.

Namun dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Collage Landon, penggunaan gawai atau komputer secara berlebih mampu menimbulkan banyak hal negatif. Salah satunya yaitu menyebabkan gangguan sistem peredaran darah.

Hal serupa juga ungkapkan Christian Hadinata Siahaan, penggila Mobile Legends yang merasakan dampak buruk kecanduan game online ini.

“Kurang waktu istirahat, terutama tidur malam. Jadi untuk menjalani aktifitas keesokan harinya, badan kurang fit dan mengantuk di sela aktifitas yang padat,” ujarnya.

Mobile legends (Kitogalo.com / Gilang Ramadhan)

Dari informasi yang dilansir BBC NEWS yang melakukan penelitian bersama organisasi Trust Me I’m a Doctor dan Universitas Surrey, bahwa kurang tidur satu jam dalam semalam mempengaruhi aktivitas gen dalam tubuh orang-orang tersebut.

“Termasuk di antaranya yang terkait dengan gejala pembengkakan dan diabetes, Serta rasa cemas, depresi, stres, paranoid dan perasaan tidak percaya terhadap orang lain meningkat,” ujar peneliti dr Simon Archer.

Daniel Freeman, profesor psikologi klinis di Universitas Oxford, yang memimpin penelitian tersebut menganggap, salah satu alasan mengapa kurang tidur sangat buruk bagi otak kita adalah, karena hal itu bisa memunculkan pikiran-pikiran negatif.

Meskipun mendapatkan dampak positifnya, jangan sampai kecanduan game online ini bisa mengganggu kesehatan kalian ya..

Gilang Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here