marion jola (Sumber Duniaku.net)

Kitogalo.com – Sepanjang tahun 2019, ada banyak lagu Indonesia yang menjadi Hits di telinga para pendengar.

Selain energik, easy going dan syahdu, lagu-lagu ini juga banyak di-cover oleh berbagai musisi hingga Youtubers se-Indonesia. Apa saja sih lagu ter-Hits sepanjang tahun 2019?

1. Celengan Rindu (Fiersa Besari)

Lagu “Celengan Rindu” dari Fiersa Besari mendadak popular lagi setelah di-cover oleh Feby Putri. Versi Febby ditonton hingga 39 juta kali. Sejak saat itu, nama Fiersa Besari perlahan mencuat ke industri musik. Bahkan pria berambut gondrong ini ditunjuk sebagai pengisi Soundtrack Film Imperfect.

2. Hanya Rindu (Andmesh Kamaleng)

Banyak yang menyebut jebolan ajang pencarian bakat hanya populer semusim. Ia seperti meteor yang melintas lalu meredup. Andmesh Kamaleng sebaliknya. Dipublikasikan di kanal YouTube pada November 2018, “Cinta Luar Biasa” meledak bersama 189 juta viewers. Orang menyangka, “Cinta Luar Biasa” one hit wonder.

Andmesh mengulang sukses tahun ini dengan “Hanya Rindu.” Belum genap setahun, nomor ini menyerap 91 juta atensi di YouTube. “Nyaman” menyusul dengan 24 juta viewers dalam tempo dua bulan. “Hanya Rindu” dan 3 lagu Andmesh lainnya tembus 10 besar Billboard Indonesia pada Desember 2019. Ini tahunnya Andmesh!

3. Cinta Karena Cinta (Judika)

Setelah mengakhiri kontrak dengan Sony Music, Judika bergabung dengan Trinity. Kerja sama ini ditandai dengan single “Cinta Karena Cinta” yang menjadi lagu tema sinetron berjudul sama, tayang di SCTV. Single ini meledak di YouTube dan mengumpulkan 56 juta atensi lebih hanya dalam 6 bulan. Ia juga merajai Billboard Indonesia.

Rating dan share sinetron Cinta Karena Cinta pun menjulang. Menempatkan Immanuel Caesar Hito dan Natasha Wilona sebagai pemeran utama, Cinta Karena Cinta menjadi sinetron terfavorit di ajang Panasonic Gobel Award.

4. Adu Rayu (Yovie Widianto Feat Glenn Fredly dan Tulus)

Apa jadinya jika komponis empat dekade berkolaborasi dengan dua pangeran pop Indonesia? “Adu Rayu” mengisahkan persaingan dua pria memperebutkan pujaan hati. Rahasia sukses lagu ini terletak pada susunan melodi yang gampang menempel di kuping awam, lirik bersahaja, plus empuknya vokal Glenn Fredly dan Tulus.

Jangan lupakan pula video klip “Adu Rayu” yang menampilkan cinta segitiga Chicco Jerikho-Nicholas Saputra-Velove Vexia. Video lirik dan klip “Adu Rayu” sukses merayu 39 juta viewers dalam 10 bulan.

5. Salah Apa Aku (Via Valen)

Inilah lagu paling viral di YouTube dan TikTok tahun ini. Anda mungkin asing dengan judulnya. Namun perhatikan potongan lirik lagu ini: Entah apa yang merasukimu hingga kau tega mengkhianatiku, yang tulus mencintaimu. Versi asli lagu ini dibawakan grup musik Ilir7 dan menyita perhatian lebih dari 97 juta orang tahun lalu.

Tahun ini, giliran Via Vallen mengkover “Salah Apa Aku” yang menyihir lebih dari 26 juta viewers. Sejumlah DJ mengkreasikan lagu ini menjadi banyak versi. Versi Gagak dari DJ Slow ditonton 52 juta kali dalam 4 bulan. Yang lebih gila lagi, versi video Tiktok berdurasi 10 jam ditonton 41 juta kali hanya dalam 3 bulan. Wow!

6. Tak Ingin Pisah Lagi (Marion Jola Feat Rizky Febian)

Membayangi Raisa dan Isyana Sarasvati, Marion Jola diam-diam mengumpulkan lebih dari 27 juta atensi di YouTube lewat video klip “Tak Ingin Pisah Lagi.” Lagu dari album debut Marion ini mengisahkan ajakan untuk memulai kembali cinta yang telah redup. Lirik lugas plus vokal Marion-Rizky yang harmonis membuat jutaan pendengar jatuh hati.

“Tak Ingin Pisah Lagi” mengulang sukses hit “Jangan” yang dibawakan Marion Jola bersama Rayi Putra. Marion Jola berhasil berdiri sendiri lepas dari bayang-bayang kontes adu bakat yang pernah diikutinya.

7. Apalah Cinta (Ayu Tingting Feat Kerencem)

Pernah tersiar kabar Ayu Ting Ting tengah dekat dengan pria Turki bernama Kerencem. Alih-alih naik pelaminan, pelantun “Alamat Palsu” rupanya naik studio rekaman. Hasilnya, tembang “Apalah Cinta” yang mengawinkan bahasa Indonesia dan Turki.

Lewat tembang ini, Ayu Ting Ting berhasil menjaga eksistensinya di industri musik Tanah Air. Pedangdut kelahiran Depok, 20 Juni 1992, ini hanya butuh waktu setengah tahun untuk menghimpun 25 juta penonton di kanal YouTube.

Editor : Nefryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here