Kitogalo.com РMasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi keinginan hampir banyak pelajar khususnya di kabupaten/kota se-Sumatera Selatan. Umumnya mereka mengincar kursi masuk Universitas Sriwijaya (Unsri) baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, hingga USM. Setiap tahun, peminat masuk Unsri selalu meningkat. Pada 2016 lalu, calon mahasiswa yang ingin masuk Unsri dari jalur SBMPTN ada sebanyak 38 ribu dan meningkat menjadi 51 ribu pada  2017. Sayangnya, yang diterima hanya 2.000-an mahasiswa baru.

Secara keseluruhan, dari sejumlah Fakultas, ada sekitar 80 jurusan di Unsri. Namun, dari puluhan juruan tersebut, hanya beberapa jurusan yang paling diminati atau menjadi incaran para calon mahasiswa baru setiap tahunnya.  Namun, jurusan favorit ini biasanya memiliki kuota yang sangat sedikit. Mau tau? Berikut ini empat jurusan yang paling diburu di Unsri.

  1. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi

Jurusan Manajemen Unsri menjadi jurusan yang paling diminati di kampus terbesar di Sumatera Selatan ini. Berada di bawah Fakultas Ekonomi, ada puluhan ribu calon mahasiswa yang setiap tahunnya memilih jurusan ini. Padahal, daya tampungnya hanya 60 mahasiswa saja. Pada 2017, tercatat peminat jurusan manajemen dari jalur SBMPTN Unsri sebanyak 2.500 calon mahasiswa.

  1. Fakultas Kedokteran

Sedikit berbeda dengan jurusan Manajemen dan jurusan lainnya, jurusan Kedokteran agaknya memang sedikit eksklusif. Sebab, untuk masuk ke jurusan ini calon mahasiswa harus mengikuti seleksi tes Bahasa Inggris atau memiliki TOEFL dengan nilai di atas rata-rata. Meski demikian, jurusan ini juga setiap tahunnya banjir peminat. Dengan daya tampung hanya 60 mahasiswa saja, tahun ini tercatat ada sebanyak 2.051 peminat yang memilih jurusan Kedokteran Unsri.

  1. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi memang juaranya. Selain Manajemen, Jurusan Akuntansi masuk di urutan ketiga paling diminati oleh para lulusan SMA. Tahun 2017 tercatat sebanyak 2.043 calon mahasiswa baru yang memilih jurusan Akuntansi di Unsri yang hanya memiliki daya tampung 60 mahasiswa.

  1. Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik

Dari seluruh pilihan jurusan Teknik, rupanya Teknik Pertambangan menjadi jurusan paling favorit. Pada 2017, tercatat sebanyak 2.015 calon mahasiswa dari jalur SBMPTN Unsri yang mengikuti tes masuk jurusan Teknik Pertambangan Unsri yang hanya menampung 35 mahasiswa saja.

Kalim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here