Ilustrasi Kucing (catlovers.id)

Kitogalo.com, Palembang – Melatih kesabaran dan tanggung jawab diri bisa didapat dari hal apa pun, salah satunya cara dengan memelihara hewan peliharaan, salah satunya hewan.

Ada banyak yang harus dipenuhi agar hewan tersebut bisa nyaman dan hidup dengan layak. Dari sekian banyak hewan tak sedikit yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan, karena selain lucu ia juga tak begitu susah merawatnya.

Menurut Bella, pecinta kucing di Palembang, hewan jenis ini bukan sekedar hewan peliharaan tetapi bisa dijadikan teman.

“Kucing itu bisa mengerti kalau kita mengerti dia duluan, bisa diajak curhat-lah walaupun cuma jadi pendengar” katanya yang memelihara kucing jenis Himalaya medium, Minggu (14/10/2018).

Sama halnya dengan Fitri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini memelihara dua kucing yang menggemaskan. Hewan mamalia berbulu ini membuatnya merasa gemas sendiri dan jadi hiburan di saat penat.

“Kadang kalau pulang kerja lelah, tapi lihat kucing sedang bermain, jadi lucu sendiri lihatnya” ujarnya.

Memandikan kucing (catlovers.id)

Untuk kamu yang ingin memelihara kucing, berikut tips yang pas buat para pemula. Chek it out!

1. Rawat Fisik Kucing
Perawatan fisik kucing sangatlah penting, karena dari sana kesehatan kucing bisa terjaga. Tak hanya itu, kesehatan kucing juga bisa berpengaruh pada pada pemmiliknya.

Jika bulu kucing yang kerap rontok bisa terhirup oleh pemiliknya sehingga manusia bisa terjangkit flu, batuk dan lainnya.

Adapun perawatan fisik yang bisa dilakukan yakni memberi makan teratur, pemotongan kuku yang rutin beberapa hari sebelum mandi, memandikan kucing secara berkala, pemilihan makan yang tepat untuk si kucing danmenyisir bulu kucing secara teratur.

2. Menjaga Makanan Kucing
Makanan kucing harus dijaga agar kucing tidak sembarangan memakan makanan yang ada dan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh kucing.

3. Atur Jadwal Mandi
Kucing harus dimandikan agar kebersihan bulunya terjaga. Namun, tidak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Setelah mandi jangan lpa untuk mengerikan bulu kucing dengan cara dijemur atau memakai pengering.

 

Ilustrasi kearaban kucing dan manusia (merdeka.com)

4. Potong Kuku Secara Berkala
Tips dari Bella, pemilik kucing bernama Gracie, pemotongan kuku lebih baik dilakukan beberapa hari sebelum memandikan kucing agar membersihkannya lebih mudah. Selain itu saat dimandikan kucing yang kerap menyerang karena takut air bisa diminimalisir cakarannya.

5. Ajak Kucing Bermain Secara Rutin
Agar si kucing dekat dengan pemiliknya, sangat dianjurkan sang tuan mengajaknya bermain setiap hari. Bermain dengan kucing tak hanya bisa dilakukan dirumah tetapi juga bisa diajak keliling ke lingkungan rumah agar kucing bisa kenal tempat tinggalnya.

6. Jangan Hanya Anggap Kucing Sebagai Hewan
Kucing memanglah hewan peliharaan, tapi kamu harus memberikan perhatian terhadap kucing. Dengan begitu, kucing akan mengerti juga akan keadaan tuannya. Jangan segan untuk memarahi kucing saat ia salah. Dengan demikian kucing akan jera dan tidak mengulangi kesalahan lagi.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here