Ryla Opdorie Adelia (Kiri) bertugas sebagai mayoret Drumband Gita Abdi Praja IPDN dan Zanati Tahta Umahati bertugas sebagai Pembawa Baki Sore di Istana (tribunnews.com)

Kitogalo.com, Palembang – Sudah menjadi rutinitas setiap tahun dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), putra-putri Indonesia dari berbagai daerah dipilih untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Presiden. Masing-masing provinsi mendapatkan jatah untuk mengirim perwakilan terbaiknya.

Salah satu pelajar dari Sumsel mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari Paskibraka Nasional. Dialah Zanati Tahta Umahati, dara cantik yang sedang menempuh pendidikannya di SMAN 1 Pagar Alam lolos menjadi pasukan penurunan bendera di Istana Bogor pada Jumat, 17 Agustus 2018.

Tak hanya sekedar anggota pasukan penurunan bendera, ia bahkan dipercaya mengisi salah satu posisi penting yakni pembawa baki bendera pusaka.

Tjetjep, ayah dari Zanati Tahtu Umahati merasa haru sekaligus bangga saat anaknya terpilih menjadi salah satu Paskibraka tingkat nasional. Kebanggaannya semakin membuncah kala ia tahu anaknya tersebut akan membawa baki upacara HUT RI ke-73 di istana presiden.

“Bangga dan haru, karena anak saya bisa menjadi salah satu Paskibraka nasional dan akan menjadi pembawa baki. Karena ini kali pertama Pagaralam mempunyai wakil Paskibaraka di tingkat Nasional,” ujar dia.

Tak hanya Zanati saja, satu lagi remaja Sumsel juga ikut berperan dalam upacara di Istana Presiden. Gadis Pagaralam 2014, Ryla Apdorie Adelia juga akan menampilkan kebolehannya di hadapan Presiden RI Joko Widodo. Di mana ia akan tampil sebagai salah satu mayoret drumband Gita Abdi Praja IPDN yang akan tampil di kirab bendera pusaka RI.

Dilansir dari Tribunnews.com, kakak dari Ryla Opdorie Adelia, Rolli Aprianto mengatakan ia dan keluarganya merasa sangat bangga dengan prestasi yang diraih adik bungsunya ini, karena gadis yang biasa disapa Adel itu bisa tampil pada HUT Kemerdekaan RI di Istana Bogor.

“Saya sangat bangga dengan adek saya Adel, karena meskipun anak kampung dia bisa tampil di hadapan presiden dalam upacara HUT Kemerdekaan RI besok,” ujarnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here