Sumber (titiknol.com)

Kitogalo.com, Palembang – Setiap orang pasti memiliki komedo di wajahnya, apalagi di area hidung. Banyaknya komedo juga mencerminkan bagaimana cara kita merawat wajah. Komedo juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri kita loh..

Untuk meminimalisir komedo, bisa memakai pore pack atau masker khusus komedo. Namun, jika kalian masih belum terbiasa dengan produk itu, kamu bisa mencoba cara alami yang lebih ekonomis.

Apa saja caranya? Simak selengkapnya dibawah ya!

1. Air hangat
Air hangat mampu membuka pori-pori kulit kamu, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya.

Pengaplikasiannya mudah, cukup masak air dan masukkan dalam wadah, kemudian hadapkan wajah pada wadah, lalu biarkan uap air panas membuka pori-pori kamu. Kalau rutin dilakukan, dijamin wajahmu akan semakin kinclong.

2. Pasta gigi
Pada umumnya pasta gigi mengandung fluoride dan mineral. Kedua senyawa ini bisa dipakai sebagai cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah.

Tapi karena pasta gigi diproduksi pabrik menggunakan bahan kimia dan juga tidak alami, sebaiknya kamu harus pilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal.

Cara pakainya, oleskan pasta gigi secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil lebih maksimal, kamu bisa gunakan secara rutin ya!

3. Garam
Menurut ilmu kimia, garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral.

Pada umumnya garam digunakan untuk menambah rasa asin pada makanan, tapi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Sama seperti penggunaan air hangat, garam bisa dilarutkan dalam wadah lalu biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut.

4. Lemon
Lemon mengandung banyak Vitamin C. Selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Cara pakainya yaitu peras buah lemon, lalu oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Pepaya
Buah pepaya mengandung Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah , serta bisa membersihkan komedo. Selain itu, Pepaya bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

Merawat menggunakan pepaya bisa dibilang sangat mudah. Pertama-tama potong pepaya kecil-kecil. Lalu, haluskan pepaya sampai lembut. Setelah itu, gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit. Jangan lupa bersihkan wajah dengan air bersih.

6. Lidah buaya
Perawatan dengan menggunakan lidah buaya bisa mendapatkan sekaligus banyak manfaat. Manfaatnya antara lain membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya petik daun lidah buaya secukupnya. Ambil gel yang ada di tengahnya. Oleskan secara merata pada kulit area berkomedo. Lalu, diamkan selama 15 menit. Tekahir, Bilas dengan air bersih. Atau kamu bisa menggunakan aloe vera gel yang tengah marak dikalangan gadis pecinta skincare.

7. Putih telur
Putih telur dipercaya khasiatnya mampu untuk mengenyalkan wajah juga sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak akan menumpuk pada kulit dan tidak akan menyebabkan timbulnya komedo karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

Ilustrasi masker komedo (beautynesia.com)

Nah, itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk masker penghilang komedo. Semoga bermanfaat!.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here