Penandatanganan MOU antara UEA dengan Pemprov Sumsel. Sumber foto: tribunnews.com

Kitogalo.com, Palembang – Setelah kerap menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional, kini Sumatera Selatan kembali dipercaya menjadi tuan rumah sebuah konferensi internasional. Kali ini UEA (Urban Enviromental Accords) yang merupakan organisasi internasional dibawah PBB mempercayakan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah konferensi mereka. Konferensi internasional ini nantinya akan digelar pada tanggal 16-18 Oktober 2019.

UEA merupakan organisasi berbasis lingkungan yang dibentuk di San Francisco pada 5 Juni 2005. Terdapat 161 kota/kabupaten yang menjadi anggota dalam organisasi ini. Sejauh ini, Musi Banyuasin merupakan kabupaten terakhir yang telahmendaftarkan diri menjadi anggota tepatnya pada tahun 2017.

Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim, Najib Asman mengatakan bahwa Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan tersebut dikarenakan daerah ini dinilai berhasil melaksanakan beberapa kegiatan internasional.

Tak hanya itu, Sumatera Selatan dinilai sebagai areal yang cukup luas dengan kekayaan keanekaragaman hayati melimpah. Terlebih lagi saat ini masyarakat dunia sedang hangat membahas masalah lingkungan dan Sumsel sangat peduli dengan permasalahan tersebut.

Sempat dua kali mengunjungi Palembang, Senior Manager Sekretariat Urban Environmental Accord (UEA), Kim Seonyoung mengungkapkan ketakjubannya pada kemajuan ibukota Sumsel, yakni Palembang. Menurutnya, perkembangan pembangunan di Palembang sangatlah luar biasa. IA makin yakin Palembang akan sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan UEA Palembang Summit 2019.

“Saya membandingkannya saat pertama kali datang, kami merasakan perkembangannya luar biasa terutama di Jakabaring,” papar Kim.

Persiapan untuk kegiatan konferensi UEA kini sudah mulai dilakukan, yakni berupa promosi besar-besaran melalui website hingga selebaran ke berbagai pihak terkait. Acara konferensi internasional tersebut akan digelar di Novotel, Palembang. Tak hanya Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin nantinya akan turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Agatha Olivia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here